Lubuklinggau// mediainfopol.com/ H.Afriansyah Noor,Wakil Menteri Ketenagakerjaan (Wamennaker) RI, bersama istri Lin Nurhayani, secara resmi meresmikan pembangunan Satuan Pelayanan Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Lubuklinggau di Kantor UPTP BLK Lubuklinggau. Dalam sambutannya, Wamennaker Noor berbagi kenangan masa kecilnya di Kota Lubuklinggau, menyoroti pentingnya investasi dalam bidang pelatihan vokasi, khususnya melalui transformasi Balai Latihan Kerja (BLK).

Transformasi BLK, yang dikenal dengan 6R, mencakup reformasi kelembagaan, redesain pelatihan, revitalisasi fasilitas, reorientasi SDM, relationship building, dan rebranding. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas dan aksesibilitas layanan pelatihan serta memperkuat kemitraan dengan pemangku kepentingan.

Pj Wali Kota Lubuklinggau, H Trisko Defriansya, menegaskan pentingnya implementasi transformasi BLK melalui pendirian Satuan Pelayanan Pelatihan Vokasi (SPPV) dan Produktivitas Lubuklinggau. Diharapkan, ini akan meningkatkan kompetensi dan daya saing tenaga kerja di Provinsi Sumatera Selatan.

Program transformasi BLK di Lubuklinggau juga mencakup peningkatan SDM instruktur, redesain program pelatihan untuk menciptakan keterhubungan yang lebih baik antara pelatihan dan kebutuhan industri, serta pemberdayaan alumni pelatihan.

Direktur Bina Kelembagaan Pelatihan Vokasi, Agung Nur Rohmad, menekankan bahwa transformasi BLK bertujuan untuk meningkatkan daya saing SDM di bidang ketenagakerjaan. Program pelatihan yang disediakan mencakup berbagai bidang seperti konstruksi bangunan, las, konten kreator, Barista Cafe, perakitan komputer, Computer Operator Asisstant, menjahit pakaian, instalator listrik, tata kecantikan kulit, dan service sepeda motor.

Pembangunan SPPV dan Produktivitas di Lubuklinggau merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam mempersiapkan generasi emas yang akan menghadapi tantangan di era mendatang.(M.Harus ak)