Oleh : Edey Subhan

BANDA ACEH, OPINI – mediainfopol.com | Inflasi ekonomi terjadi dewasa ini melanda Indonesia, khususnya di Aceh berdampak besar bagi kehidupan masyarakat luas, dimana para warga sulit mendapat akses perekonomian guna menunjang kebutuhan hidup keluarganya.

Kondisi ini menyebabkan tekanan ekonomi sangat luar biasa bagi keberlangsungan hidup umat manusia, khususnya dirasakan masyarakat di Provinsi Aceh dewasa ini.

Hasil kajian dan analisa dilapangan, salah satu upaya menekan dan menanggulangi inflasi ekonomi melalui program-program steategis sektor pertanian, peternakan dengan mengefektifkan program tepat guna dengan jangka waktu singkat menghasilkan.

Sektor Pertanian berpotensi percepat penekanan inflasi ekonomi meliputi, tanaman palawija seperti Cabe, Kacang-kacangan, Jagung, Bawang, serta jenis umbi.

Untuk sektor peternakan, penggemukan baik sapi maupun kerbau, juga terusan dari akses penggemukan dapat dijadikan budidaya pupuk organik, serta peternakan ayam dan bebek.

Menurut survei lapangan diberbagai komunitas, pola ini memiliki potensi besar untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dengan durasi waktu jangka pendek sudah mampu meraih hasil, maksimal atau tidaknya itu tergantung dari pola dilakukan oleh pelaku usaha itu sendiri.

Untuk itu, diharapkan kepada masyarakat Provinsi Aceh agar mencoba untuk berfikir relevan dalam berupaya menanggulangi dan menekan inflasi ekonomi dan selamat mencoba.*

Laporan : Adi Putra

By Man