Jepara – mediainfopol.com| Kepolisian Resor (Polres) Jepara menggelar kegiatan Latihan Pra Operasi Kepolisian dengan sandi Operasi Zebra Candi 2024 di aula Mapolres setempat pada Senin (14/10/2024).

 

Kegiatan yang dipimpin oleh Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan tersebut mengusung tema ‘Melalui Latihan Pra Operasi Zebra Candi 2024 Kita Tingkatkan Kemampuan Personel Dalam Rangka Mendukung Suksesnya Pelantikan Presiden/Wakil Presiden Terpilih Serta Mengajak Masyarakat Untuk Tertib Berlalu Lintas Demi Terwujudnya Kamseltibcarlantas Yang Aman dan Nyaman’.

 

Operasi Zebra Candi 2024 bakal digelar oleh Polres Jepara selama dua minggu dimulai tanggal 14 hingga 27 Oktober 2024. Operasi ini juga dilaksanakan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya tertib berlalu lintas.

 

Kapolres Jepara mengatakan, Lat Pra Ops digelar dalam rangka pembekalan dan menyamakan persepsi pelaksanaan tugas operasi di lapangan.

 

“Kegiatan Lat Pra Ops tersebut, dilakukan agar para personel yang bertugas pada Operasi Zebra Candi 2024 bisa lebih profesional, dan bertindak di lapangan lebih terarah,” ujarnya.

 

Pelaksanaan Operasi Zebra Candi 2024 tersebut, mengedepankan mengedepankan penindakan berupa sosialisasi, edukasi hingga teguran kepada para pelanggar lalu lintas seperti pelanggaran yang pengendara sepeda motor tidak pakai helm, melawan arus dan melewati batas kecepatan.

 

“Tujuan utamanya adalah untuk menurunkan angka pelanggaran, kecelakaan lalu lintas dan angka fatalitas,” kata AKBP Wahyu.

 

Abituren Akpol 2003 ini meminta pada seluruh masyarakat Kabupaten Jepara agar selalu disiplin, tertib serta mematuhi seluruh peraturan lalu lintas.

 

“Tertib berlalu lintas tidak hanya untuk menghindari sanksi, tetapi lebih penting lagi untuk menjaga keselamatan diri sendiri dan pengguna jalan lainnya,” tandasnya.

 

Untuk diketahui, dalam operasi Operasi Zebra Candi 2024 kali ini, Polres Jepara melibatkan sedikitnya 60 personel yang merupakan gabungan dari satuan fungsi kepolisian. Keseluruhan personel terbagi dalam beberapa satuan tugas, yakni Satgas Intelijen, Satgas Kamseltibcarlantas, Satgas Turjawali, Satgas Gakkum, Satgas Humas dan Satgas Banops.

 

(Marliyanto)