Malang//mediainfopol.com
Batituud Koramil 0818/33 buniaji Pelda Abdul Kadir beserta muspika bumiaji menghadiri kegiatan selamatan desa Tulungrejo di Desa Tulungrejo. Acara tersebut berlangsung di rumah Bapak Suliono, yang merupakan Kepala Desa Tulungrejo, berlokasi di Dusun Junggo, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. (08/2024)

Kegiatan ini mencakup Tirakatan, Jamasan, dan Sindikara Pusaka, yang merupakan bagian dari rangkaian selamatan desa Tulungrejo. Tirakatan adalah sebuah upacara tradisional yang diadakan sebagai bentuk rasa syukur dan doa kepada Tuhan Yang Maha Esa, memohon berkah dan perlindungan bagi desa dan seluruh warganya.

Jamasan Pusaka merupakan ritual pembersihan pusaka desa, yang memiliki makna simbolis sebagai upaya untuk menyucikan dan menjaga warisan leluhur. Sementara itu, Sindikara Pusaka adalah proses penempatan kembali pusaka ke tempat yang telah disucikan setelah melalui rangkaian upacara. Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai tokoh penting, yakni Muspika Bumiaji serta Tokoh Budaya sekaligus Penjamas, Bapak Aditia, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan Limas Desa Tulungrejo.

Acara ini tidak hanya dihadiri oleh tokoh-tokoh penting, tetapi juga oleh warga Desa Tulungrejo yang turut serta dalam kegiatan ini dengan antusias dan penuh semangat. Selamatan desa Tulungrejo ini menjadi momen yang dinantikan oleh seluruh warga, sebagai bentuk pelestarian tradisi yang telah diwariskan dari generasi ke generasi.

Selama proses ini, warga desa turut serta dalam doa dan syukuran, memohon agar desa mereka selalu dalam perlindungan dan mendapatkan berkah. Proses ini juga menjadi momen untuk mempererat hubungan antarwarga dan menunjukkan kebersamaan dalam menjaga tradisi dan budaya yang ada. Selain itu, kegiatan selamatan desa Tulungrejo ini juga diiringi dengan berbagai macam ritual dan doa-doa yang dipimpin oleh tokoh agama setempat, yang menambah kekhidmatan dan makna dari acara tersebut.

Pelda Abdul Kodir perwakilan dari Koramil 0818/33 Bumiaji, menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya acara selamatan desa Tulungrejo ini. ia menekankan pentingnya menjaga tradisi dan kebersamaan di tengah masyarakat.

“Kehadiran kita sebagai aparat keamanan dalam kegiatan ini menunjukkan betapa pentingnya menjaga keamanan dan ketertiban dalam setiap kegiatan masyarakat. Selain itu, kehadiran tokoh-tokoh penting dalam kegiatan ini juga menjadi bentuk dukungan dan apresiasi terhadap upaya masyarakat Desa Tulungrejo dalam melestarikan tradisi dan budaya yang ada.” Tegasnya (eddy/pendim)

By Man