Lubuklinggau//mediainfopol.com/Janji para calon bakal kepala daerah (pilkada) periode 2024-2029 begitu manis. Janji diberi menjelang pesta rakyat yang dihadapi sebentar lagi.Track Record Bakal Calon Kepala Daerah Warga Wajib Teliti

Pilkada 2024 akan digelar serentak di seluruh Indonesia pada tanggal 27 November 2024. Pilkada dilaksanakan di wilayah provinsi dan/atau kabupaten/kota untuk memilih Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah. 

Menurut laporan data dari KPU, total daerah yang mengikuti penyelenggaraan Pilkada serentak tahun 2024 di Indonesia adalah sebanyak 37 provinsi dan 508 kabupaten/kota. Dengan pelaksanaan pemungutan suara Pilkada serentak pada Rabu, 27 November 2024.

Awalnya para bakal calon Kepala daerah yang mengikuti kontestasi menggaungkan dan mengatasnamakan kepentingan rakyat. 

Jika hari-hari ini, saat menjelang pemilihan kepala daerah  (pilkada) kita berjalan akan melihat  baliho, spanduk mulai memenuhi ruang di tepi-tepi jalan yang aktifitas sering dilewati masyarakat. 

Lazimnya seorang bakal calon  kepala daerah memiliki janji manis atau program untuk memikat yang ditawarkan. Disini masyarakat akan mulai melihat setiap Rekam jejak atau track record bakal calon kepala daerah yang akan dipilih untuk periode 2024-2029.

Untuk mengukur kemampuan kandidat dalam merealisasikan janjinya, pemilih harus cermat dalam melihat rekam jejak peserta pemilu. Misalnya, rekam jejak dalam profesi sebelumnya, maupun catatan hukum peserta. 

Calon tua atau muda tidak substantif untuk dibahas faktor usia calon pemimpin tidak menjadi masalah bila calon yang bersangkutan memiliki kapasitas dan kapabilitas. Publik juga harus berpikir rasional atas kemampuan bakal calon pemimpin pilihannya.

Hak pilih juga diatur dalam Pasal 1 Ayat (2), Pasal 6A (1), Pasal 19 Ayat (1), dan Pasal 22C (1) UUD 1945. Ketentuan-ketentuan tersebut menunjukkan adanya jaminan yuridis yang melekat bagi setiap warga negara Indonesia untuk dapat melaksanakan hak pilihnya.

Mahasiswa Hukum Tata Negara (HTN) Sekolah Tinggi Agama Islam Bumi Silampari (STAI.BS) Kota Lubuklinggau.

Ferry Isrop.

(M.Harus ak)