BANJARMASIN MEDIAINFOPOL.COM

Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham) Kalimantan Selatan menyelenggarakan kegiatan Guru Kekayaan Intelektual (RuKI) Bergerak, DJKI Goes To School di GOR Hasanuddin Banjarmasin, Jum’at (26/42024).

Kegiatan ini diikuti pelajar dari SMAN 1, 2,7,4 Banjarmasin, SMKN 1 Kertak Hanyar, SMKN 2,4, 5 Banjarmasin, SMKN Marabahan dan SMK ISFI Banjarmasin.

Dalam sambutannya, Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan (Sekdaprov Kalsel) Roy Rizali Anwar menyambut baik dan mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan RuKI Bergerak yang diinisiasi Kemenkumham Kalsel.

“Semoga kegiatan ini dapat meningkatkan wawasan dan ilmu pengetahuan bagi pelajar terkait kekayaan intelektual,” katanya.

Roy juga mengingatkan pentingnya perlindungan hak cipta agar tidak dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab. “Hak cipta harus dilindungi, dan jangan juga mencontek hak cipta orang lain, itu ada pidananya,” pesannya.

Sementara itu Kakanwil Kemenkumham Kalsel, Taufiqurrakhman mengatakan kegiatan RuKI ini menyasar siswa siswi sekolah menengah atas. Diharapkan para guru nantinya dapat memperkenalkan kekayaan intelektual kepada para sisiwanya.

“Kalau dulu sasarannya orang dewasa, itu belum maksimal. Makanya kekayaan intelektual ini mulai dini diperkenalkan agar lebih optimal,” ujarnya.

Pihaknya pun berharap, para guru dapat meningkatkan program tentang kekayaan intelektual kepada siswa dengan berbagai cara, seperti berkerjasama dengan Kemenkumham Kalsel.

“Kami siap menjadi pendamping dan memberikan narasumber jika sekolah membutuhkan kami. Dengan adanya pendamping, kegiatan ini dapat terus bergerak,” terangnya.

(Herman Soetiady)