Mediainfopol.com – Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan – Pada siang hari tadi tanggal 26 Februari 2024, terjadilah bencana tanah longsor di Kecamatan Bastem, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan sekitar pukul 09.00 WITA, Proses evakuasi berlangsung alot dengan menggunakan peralatan seadanya, sedangkan sejumlah warga dilaporkan tertimbun.

Berdasarkan laporan relawan dan masyarakat yang berada di tempat kejadian, korban longsor di Desa Bonglo, Kecamatan Bastem Utara, Kabupaten Luwu yang sementara di identifikasi meninggal dunia ada empat orang, tiga orang wanita dan satu pria yaitu ; Amelia asal Desa Tasang Tongkonan Bastura, Miskawati asal Desa Dampan, Mariama asal Desa Salu Limbong Bastura, dan Wanto asal Desa Dampan Bastura. Sementara itu, lima orang sementara menjalani perawatan dan empat belas orang lainnya berhasil ditemukan selamat.

Tim dari Basarnas Makassar dan Palopo turun ke lokasi dengan membawa peralatan evakuasi untuk mengeluarkan korban lainnya, namun hingga saat ini belum dapat dipastikan jumlah korban yang masih dalam pencarian. Diketahui bahwa kurang lebih ada lima belas unit motor dan dua mobil yang tertimbun longsoran.

Meskipun demikian, terdapat ancaman longsor susulan di sekitar lokasi kejadian, dikarenakan cuaca di Kecamatan Bastem Utara masih sering turun hujan. Oleh karena itu, BPBD Kabupaten Luwu memberikan peringatan dan upaya koordinasi terus dilakukan dengan aparat desa setempat dan instansi terkait.

Kondisi jalan di lokasi bencana juga terputus total, sehingga akses mobilisasi warga Kecamatan Bastem Utara tidak dapat dilalui oleh kendaraan roda dua dan empat. Tim SAR gabungan saat ini masih terus melakukan pencarian korban, yang melibatkan personil dari TNI-Polri, Basarnas Palopo, TRC BPBD Kabupaten Luwu, TRC BPBD Kota Palopo, PMI Kota Palopo, dan warga setempat. Kepala Kantor Basarnas Makassar, Mexianus Bekabel, berharap evakuasi korban bisa berjalan lancar dan meminta doa agar korban yang tertimbun segera dapat ditemukan. (Syarif Aldhin)

By Man