Lubuk Linggau//mediainfopol.com/
24 Januari 2024 – Prestasi gemilang Polres Kota Lubuk Linggau mendapatkan apresiasi tinggi dari Lembaga Ombudsman RI dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) melalui penganugerahan Presisi Award kepada Kepala Polres, AKBP Indra Arya Yudha.

Menurut Ir. Robby Hamzar Rafinus MIA, Ketua Ombudsman RI, penghargaan tersebut diberikan sebagai bentuk apresiasi terhadap dedikasi dan loyalitas tinggi Polres Kota Lubuk Linggau beserta jajarannya dalam menjalankan tugas kepolisian. Dalam sambutannya di Hotel Novotel Palembang, Rabu (24/1/2024), Rafinus menyatakan bahwa kinerja Polres tersebut telah amanah dan sejalan dengan program kebijakan pemerintah, khususnya terkait pelayanan publik yang diimplementasikan dengan prinsip kemudahan, kecepatan, terjangkau, dan terukur.

Analisis dan pemantauan kinerja Polres oleh Ombudsman menunjukkan kemajuan signifikan, menjadi dasar pemberian penghargaan ini. Rafinus menegaskan bahwa baik dan buruknya pelayanan Polri di Provinsi Sumatera Selatan merupakan tanggung jawab Polda Sumsel, dengan harapan masyarakat terhadap peningkatan kualitas pelayanan yang besar.

Prestasi ini dianggap sebagai implementasi program PRESISI Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., dalam menciptakan Polri yang prediktif, responsibilitas, dan transparansi berkeadilan. Ketua Ombudsman RI berharap apresiasi ini menjadi pemicu semangat bagi jajaran Polres Kota Lubuk Linggau untuk terus meningkatkan kinerja.

Rafinus menekankan bahwa koordinasi, komunikasi, dan kolaborasi merupakan kunci dalam menyelesaikan permasalahan dan tantangan kepolisian ke depan. Sejalan dengan peraturan Menteri PANRB Nomor 3 tahun 2023, Polri telah melakukan perubahan Roadmap Reformasi Birokrasi Polri tahun 2020-2024. Keputusan Kapolri Nomor: KEP/1410/x/2023 tanggal 23 Oktober 2023 menetapkan roadmap ini, mendukung percepatan pencapaian sasaran pembangunan nasional dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2020-2024 tentang Reformasi Birokrasi.
(M.harus ak)

By Man