Bangkalan.Mediainfopol.com – Tepat di hari Rabu pagi, UPTD SDN Kraton 3 Kota Bangkalan, Kabupaten Bangkalan mengadakan kegiatan acara P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila), dan Happy Market Day dengan mengusung tema “Festival Jajanan Nusantara”, acara diselenggarakan di lapangan Sekolah, nampak terlihat siswa-siswi, Guru-guru dan para orang tua murid sangat antusias mengikuti kegiatan acara tersebut, (20/12/2023).

Acara di hadiri oleh Mangestutik.M.Pd selaku Kepala Sekolah SDN Kraton 3, H.Gofur selaku Ketua Komite, Panitia Pelaksana Acara, Korlas, Dewan Guru dan tamu undangan lainnya.

Dalan sesi wawancara, Mangestutik.M.Pd selaku Kepala Sekolah SDN Kraton 3 kepada awak media menjelaskan,” Alhamdulillah di pagi hari ini SDN Kraton 3 melaksanakan kegiatan yang pertama pembagian raport, sekaligus kita mengadakan kegiatan Happy Market Day. Happy Market Day ini dalam rangka yaitu pengembangan dari kegiatan P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) dalam Kurikulum Merdeka. Kegiatan yang kita laksanakan ini bukan hanya di lakukan oleh kelas 1 dan kelas 4, tapi juga di meriahkan dengan kelas-kelas yang lain, kita namakan dengan festival jajanan nusantara, lalu kita mengambil makanan-makanan dari daerah Madura, Surabaya, ya intinya bermacam-macam aneka makanan juga minuman sesuai pada kelas masing-masing.

” Tujuan diadakan nya P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) ini adalah kewirausahaan itu untuk menanamkan semangat kebersamaan, semangat gotong royong, kerja keras agar anak itu kelak memiliki jiwa kewirausahaan, ya syukur-syukur mereka itu bisa menjadi pengusaha dengan pengalaman-pengalaman yang mereka miliki, bekerjasama, berkelompok, serta juga untuk mempromosikan makanan dan sebagainya, itu merupakan modal bagi mereka,” jelas Mangestutik

Ditambahkannya,” Selain kuliner kita juga menampilkan tari-tarian daerah, bernyanyi, shalawat, artinya kegiatan ini juga untuk menghibur para orang tua murid pada saat pengambilan raport, terlihat juga anak-anak, Guru-guru dan para orang tua murid tampak bahagia serta ceria menyambut kegiatan ini, karena ini merupakan kegiatan yang sering kita lakukan di SDN Kraton 3, Namun kami atas nama lembaga juga dari ketua komite,mohon maaf pada acara kali ini sangat sederhana,insyaallah untuk moment-moment berikutnya akan lebih meriah.” imbuhnya.

” Mudah-mudahan event-event berikutnya saya akan melaksanakan kegiatan yang mungkin bisa lebih meriah lagi dari hari ini. Saya berharap output atau lulusan dari SDN Kraton 3 Kota Bangkalan memiliki kompetensi lulusan yang bermutu, baik di bidang akademik maupun non akademik dengan pengalaman-pengalaman pembelajaran yang membuat mereka akan ingat sepanjang hayat, serta meningkatkan kwalitas pendidikan yang ada di SDN Kraton 3 baik dari sarana maupun prasarana,” ujar Kepsek SDN Kraton 3.

Hal senada juga di sampaikan oleh Rony,” Dalam kegiatan acara ini SDN Kraton 3 sudah menggunakan Kurikulum Merdeka belajar dan berbagi, jadi dari implementasi Kurikulum Merdeka belajar dan berbagi ini, ada yang namanya P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila), tujuan dari P5 ini untuk memberikan pengetahuan dan juga keterampilan tambahan dari lingkungan sekitar peserta didik, yang bisa di implementasikan kedepannya oleh peserta didik di kehidupan yang akan datang.

” Dan saya sangat berharap kedepannya semoga ada kerjasama dari pihak sekolah, komite, wali murid juga pihak dewan guru pembimbing agar bisa terlaksana dengan lebih baik lagi acara kegiatan ini nantinya,” pungkas Rony.

Ditempat yang sama H.Gofur selaku.ketua komite SDN Kraton 3 , memaparkan, Mengambil tema “Kewirausahaan”, dalam pelaksanaanya Anak-anak per kelompok membuat makanan dan minuman sendiri, ada yang pisang coklat, tahu krispi dan lain-lain. Pembeli pun tidak hanya kls 6 tapi kelas lain juga. Melalui kegiatan ini siswa diharapkan memiliki motivasi berwirausaha sejak dini.

Harapannya, semoga anak-anakku sekalian kedepannya jangan menjadi pengusaha, Jadilah seorang dokter, tentara, polisi, guru dan presiden kejarlah cita-citamu setinggi langit, dan doa dari orang tua itulah yang sangat penting juga dari para guru. pesan H.Gofur.

Lanjutnya, P5 merupakan bagian dari penerapan kurikulum merdeka berupa pembekalan pengalaman/keterampilan dari siswa dengan pendampingan dari dunia industri atau orang yang berpengalaman, Melalui kegiatan P5, siswa diharapkan tidak hanya menguasai pengalaman/keterampilan baru tetapi juga bisa mengasah kompetensi P5 seperti Kreatif, Gotong Royong, Berkebhinekaan Global, Bernalar Kritis, Berakhlak Mulia, serta Beriman dan Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. pungkasnya.
(Wie)