Bener Meriah – mediainfopol.com | Sosok H. Akhyar Kamil, SH, seorang putra Aceh diusia remaja menginjakkan kaki di kota Metropolitan dan kini telah menjadi pemimpin Paguyuban atau Perkumpulan Persaudaraan Aceh Seranto (PAS) pusat di Jakarta.

Dimata Ubayani, SE, salah seorang putra Asli Dataran Tinggi Gayo, saat ini dipercayakan sebagai Ketua Dewan Pengurus Daerah Persaudaraan Aceh Seranto (DPD PAS) Kabupaten Bener Meriah, Rabu (20/12/23).

Menurut Ubay, sapaan akrab Ubayani, SE, seorang H. Akhyar Kamil, SH selama ini nyata berjuang dan peduli terhadap masyarakat Aceh dalam sisi kemanusiaan, sosial, pendidikan anak, dan dermawan kepada keluarga kurang mampu secara edukasi.

“Apa yang selama ini dikerjakan H. Akhyar Kamil, SH tanpa mementingkan jabatan, pangkat, serta kedudukan dalam pemerintahan sejak tahun 2012 Persaudaraan Aceh Seranto (PAS) berbuat untuk masyarakat Aceh, terutama di perantauan,” ujar Ubayani, SE.

Ubayani, diketahui juga mantan Aktivis era 98 di Sumatera Utara itu menilai sangatlah layak kalau Ketum H. Akhyar Kamil, SH disarankan dan didukung penuh oleh masyarakat Aceh maju sebagai perwakilan daerah duduk di pusat.

“Alasannya, dengan masyarakat Aceh percayakan H. Akhyar Kamil, SH sebagai perwakilan daerah, sangat banyak persoalan Aceh selama ini tidak diperjuangkan oleh mereka yang sudah duduk disana beberapa periode, kali ini Ayahanda Akhyar Kamil siap untuk itu semua,” ungkap Ubay, Rabu (20/12923).

Lanjutnya, bagi masyarakat selama ini mengeluh tentang tapal batas wilayah, daerah hingga tapal batas desa, kedepan akan diperjuangkan oleh H. Akhyar Kamil, SH mulai tingkat pusat hingga ke daerah untuk diselesaikan oleh pemerintah agar Aceh tidak ada lagi terjadi konflik tapal batas.

“Kita juga akan ajukan perubahan status tanah menjadi lebih relevan dan manfaat ganda bagi pertumbuhan dan perubahan ekonomi masyarakat petani, khususnya dikawasan dataran tinggi agar tidak menjadi penonton dikandang sendiri di bidang pertanian alias petani tidak miliki tanah untuk bertani,” paparnya.

Tambahnya, “Saya mengajak semua rakyat Aceh mulai dari Sabang hingga Langkat Tamiang dan hingga ke Perbatasan lintas Selatan serta Tenggara, mari berikan kepercayaan kepada perwakilan daerah yang mampu berbuat demi rakyat Aceh, bukan semata-mata karena pencitraan untuk jabatan,” himbau Ubayani.*

Jailani M. Amin

By Man