Musi Rawas- mediainfopol-15 Desember 2023 – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Musi Rawas (Mura) melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) rekapitulasi hasil penghitungan suara dan sistem informasi Rekapitulasi (Sirekap) dalam rangka persiapan Pemilihan Umum Tahun 2024. Kegiatan ini berlangsung di Aula lantai Lima Hotel Dewinda kota Lubuklinggau, provinsi Sumatra Selatan (Sumsel).

Acara Bimtek Sirekap dihadiri oleh Komisioner KPU Provinsi Sumatera Selatan Handoko, Divisi Teknisi Penyelenggara Pemilu, Ketua DPRD Kabupaten Musi Rawas Azandri, S.IP, Kepala Kesbangpol Kabupaten Musi Rawas Doddy Irdiawan, S.Kom., S.Sos., M.Si., Dandim 0406 Abdul Wahab, Ketua KPU Mura Wahyu Hidayat Setiyadi, S.E, serta anggota Apandi, S.E, M.M, Syarifudin, S.E, M.M, Anasta Tias, S.E, Sekretaris KPU Mura, Ketua beserta anggota PPK dan ketua PPS Se Kabupaten Musi Rawas.

Apandi, Komisioner KPU Musi Rawas Divisi Teknis, menyatakan bahwa Bimtek yang diselenggarakan adalah bagian dari rangkaian tahapan Pemilu 2024. “Kami dari KPU Kabupaten Musi Rawas melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis (BIMTEK) Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara dan penggunaan sistem informasi Rekapitulasi (SIREKAP) Pemilu tahun 2024. Kegiatan ini diikuti oleh peserta seluruh PPK dan PPS Sekabupaten Musi Rawas, merupakan bagian dari rangkaian tahapan Pemilu 2024,” ukngkapnya.

Lanjut Apandi menjelaskan bahwa sistem perhitungan suara melalui Sistem Informasi Rekapitulasi (SIREKAP) adalah upaya KPU untuk menciptakan pemilu yang transparan dan profesional. “SIREKAP merupakan upaya KPU untuk menciptakan pemilu yang profesional, transparan, dan memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mengakses segala informasi dalam penghitungan suara,” tambah Apandi.

Salah satu peserta BIMTEK dari kecamatan Purwodadi menyatakan bahwa sistem perhitungan menggunakan Sistem Informasi Rekapitulasi sangat efektif dan efisien untuk Pemilu 2024. “Menurut saya, sistem perhitungan suara pada Pemilu 2024 nanti dengan menggunakan Sistem Informasi Rekapitulasi ini sangat efektif dan efisien,” Tutupnya. (M.harus ak)

By Man