Sragen,mediainfopol.com Pendidikan Kewarganegaraan mengandung materi yang berhubungan erat dengan pembentukan sikap dan kepribadian diri seorang siswa yang memiliki budi-pekerti, etika dan moral yang baik serta cinta terhadap tanah air yang dapat mengantarkannya untuk memiliki wawasan dan kesadaran akan bela negara/
Serda Eko Anggota Koramil 15/Gemolong Kodim 0725/Sragen, berperan aktif melaksanakan kegiatan Bin PPBN kepada 120 Siswa/i dalam rangka Ketarunaan angkatan Ke- lX SMK Sakti Gemolong, Rabu ( 22/11/2023 ).

Serda Eko menyampaikan pentingnya Pendidikan Bela Negara di tengah derasnya perkembangan teknologi informasi seperti sekarang ini. Perkembangan teknologi informasi tersebut mengakibatkan semakin cepatnya sebuah informasi menyebar ke masyarakat tanpa batasan ruang, waktu, dan jarak. Tidak jarang, berita yang menyebar melalui media sosial merupakan berita bohong, fitnah, atau hoaks, yang betujuan membuat keruh kehidupan bermasyarakat.

“Di sinilah arti pentingnya perlawanan terhadap hoaks. Para pelajar sebagai bagian dari masyarakat harus memerangi hoaks. Hendaknya setiap informasi yang masuk harus disaring terlebih dahulu sebelum disharing. Upaya kita untuk tidak ikut menyebarkan berita hoaks merupakan bentuk kecintaan kepada tanah air dan negara,” terang Eko.

“ Dengan melaksanakan kegiatan Pembinaan Pendidikan Bela Negara (PPBN) bagi pelajar dan generasi muda diharapkan bisa menumbuhkembangkan dan meningkatkan pemahaman, pengetahuan, serta membekali generasi muda akan perlunya menjaga kondusivitas di wilayah “ ucap Eko.

(Agus Kemplu-JM)

By Man