Malang //Mediainfopol.com
Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan RI ke 78 yang diperingati setiap tanggal 17 Agustus 2023,Desa Karangsari mengadakan karnaval budaya kebangsaan ,sabtu (02/08/2023)

Kades Karangsari DENI,menyampaikan terimahkasih kepada warga masyarakat yang telah mendukung dan membantu kegiatan karnaval kebangsaan di Desa Karangsari Kecamatan Bantur.

“Kegiatan karnaval kebangsaan yang setiap tahun diadakan pada 17 Agustus. Dimana pada acara ini turut dimeriahkan oleh seluruh masyarakat yang ada di Desa Karangsari ,”pungkas Deni.

“Tanpa adanya dukungan, kreatifitas dan partisipasi seluruh masyarakat Karangsari tidak akan terwujud karnaval yang semeriah ini,”ucapnya.

Ribuan penonton memadati jalanan yang menyaksikan karnaval kebangsaan yang diikuti pelajar dan umum. Siswa – siswi memakai aneka busana adat Indonesia.Ini menumbuhkan cinta dan bangga sama Indonesia. Para pelajar menampilkan beragam kesenian dengan kreatifitas generasi muda milenial.

Karnaval kirab budaya kebangsaan merupakan agenda rutin setiap tahun ,setelah sempat vakum 2 tahun karena pandemi Covid -19, acara yang konsisten menampilkan beragam seni adat dan budaya Nusantara ini kembali mengingatkan warga akan kebhinnekaan Indonesia.

Karnaval seni budaya yang diikuti TK/RA,SD/MI,Mts,dan umum dari ibu bapak juga meriahkan gelaran karnaval,menampilkan ragam budaya,adat istiadat yang ada di Indonesia.

Karnaval kirab budaya ini juga menumbuhkan rasa identitas dan persaudaraan nasional di antara para peserta dan masyarakat, dengan menampilkan keberagaman dan kekayaan budaya Indonesia dari berbagai daerah, yang kaya akan seni.

“Lewat kegiatan ini diharapkan semangat menjaga kebhinnekaan bisa dirasakan seluruh masyarakat, khususnya generasi muda kreatif inovatif membangun bangsa dan negara. Karnaval budaya kebangsaan menumbuhkan jiwa nasionalisme dikalangan pelajar, juga bisa menjadi ajang memulihkan ekonomi warga karena banyak event yang digelar”,tutur bagyo kapolsek Bantur.

Sepertinya karnaval yang di gelar hari ini ratusan penjual manjajakan dagangannya disepanjang jalan .”Alhhamdulillah ,karnaval ramai penonton, jualan saya juga ikut ramai,biar kita dapat rejekinya terus ,”kata sugeng salah satu penjual

Tak ketinggalan sajian fragmen yang mengisahkan beragam tradisi dari berbagai daerah di Indonesia,alunan musik yang mengglegar rancak di sepanjang jalan jalur pawai karnaval berlangsung atraktik dan tidak membosankan mempilkan atraksinya.

“Kegiatan kernaval budaya kebangsaan menjaga kesatuan dan persatuan bangsa menumbuhkan rasa nasionalisme kebhinneka tunggal ika sebagai anak bangsa yang satu yaitu Indeonesia,”pungkasnya.(eddyinfopol)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *