Malang//Mediainfopol.com Semarak hari kemerdekaan HUT RIke 78 Desa Rejoyoso Kecamatan Bantur menggelar karnaval keragaman budaya mulai sejarah dan budaya adat daerah,sabtu 19/08/2023.

Diwarnai penampilan siswa SD gaya legok mengiringi musik banyuwangian berpakain khas adat banyuwangi apik penuh warna kuning mengkilau, terik panas matahari tak menyurutkan tarian dengan gaya khasnya.

Unik dan menarik adat budaya banyuwangi ribuan warga tumplek blek dalam kemeriahan karnnaval budaya Rejoyoso,dalam rangka memperingati HUT ke-78 Kemerdekaan Indonesia.

Tak hanya memadati area start dan finish di depan Kantor Desa Rejoyoso Kecamatan Bantur kabupaten Malang gelaran karnaval, antusiasme masyarakat juga memadati kanan kiri jalan yang dilalui peserta karnaval.

Diberangkatkan langsung oleh BayuJatmiko dan Kepala Desa Rejoyoso Abd. Manaf langsung dari lapangan awal start pawai karnaval budaya Rejoyoso.

karnaval yang kembali digelar setelah 2 tahun vakum akibat pandemi Covid-19 ini diikuti lebih dari 24 lembaga mulai tingkat MI,SD, Mts,SMK Assalam, umum

“Alhamdulillah setelah dua tahun vakum kita akan melaksanakan karnaval yang kita sebut karnaval budaya 2023. Untuk itu mari kita semarakkan acara ini dengan gegap gempita, riang gembira dan kita tunjukkan keragaman budaya dan keragaman aktivitas masyarakat kecamatan Bantur khususnya Desa Rejoyoso. Kita tunjukkan bahwa Kecamatan Bantur benar-benar megilan dengan karnaval budaya,” tuturnya.

Karnaval unjuk kebolehan dengan menampilkan berbagai atraksi mulai joget banyuwangi, penampilan kostum hasil recycle aphace yang memukau, kesenian tari tradisional, penampilan sound lampu led yang meriahkan acara karnaval malam itu beserta tarian kolosalnya.

Ditempat terpisah salah satu yang diwawancarai awak media,bangga sekali adanya karnaval lewat depan rumah saya meriah sekali baru pertama acara karnaval semeriah ini, ungkapnya yang tak mau sebut identitasnya.

Seperti persembahan tarian kolasal yang menampilka busana adat jawa dari siswa siswi SDN Rejoyo 4 sangat memukau penonton gaya busana khas apahace joget milinial anak muda sekarang . Tradisi dalam rangka perayaan hari ulang tahun NKRI ke 78 dimaksudkan sebagai ungkapan syukur kepada Tuhan YME atas segala karunia bisa melaksanakan hari kemerdekaan.

Tak hanya tradisi khas daerah yang di tampilkan acara karnaval,ibu – lansia tak luput untuk gigi dalam karnaval budaya Rejoyoso,lewat hentakan musik iringi joget bersenandung gemulai.

keragaman budaya, para peserta juga menampilkan legenda wali songo dan balutan surban putih menyerupai sang tokoh wali songo. Dimana wali songo dalam penyebaran agama islam di tanah jawa menggunakan media seni salah satunya menggunakan simbol wayang kulit, motif gamelan,lagu mocopat yang digunakan untuk mengiringi tembang dan menyebarkan agama islam di masyarakat jawa.

Sedangkan dalam karnaval budaya Rejoyoso mengedapankan kesatuan dan persatuan kita satu adalah bangsa. Jiwa para pahlawan patut dihormati sebagai pejuang sejati demi kemerdekaan bangsa Indonesia.(eddyinfopol)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *