Batam, MediaInfopol | Ketua DPD ASISI Kepri, Juni Sofyan Putera Zai bersama dengan Ketua APITU Kepri, Jonikeswara mengikuti sekaligus memantau pelatihan atau training Pengenalan Cold Storage.

Kegiatan tersebut beralamat di Ruko Buana Central Park Blok B12 Tembesi, Batu Aji dan dimulai pukul 19.00 wib sore sampai selesai. Sabtu (29/07/2023).

Pelatihan ini digelar selama dua (2) hari berturut – turut dari tanggal 29 Juli 2023 – 30 Juli 2023 yang Tema kegiatan “Sinergitas Wujudkan SDM Berkualitas”.

Diketahui bahwa ada dua (2) organisasi yang mengikuti kegiatan tersebut yaitu dari DPD Kepri ASISI (Asosiasi Teknisi Refrogerasi dan Air Conditioner Nusantara) dan APITU (Perkumpulan Praktisi Pendingin Dan Tata Udara Indonesia).

Instruktur atau Pemateri dalam kegiatan tersebut dipaparkan langsung oleh Budianto Asik Widjaja dan Akhmat Sarif. Keduanya selaku Instruktur Training.

Adapun beberapa materi yang akan dilaksanakan, antar lain sebagai berikut :

Introduction to Refrigeration System
Teori dasar Sistem Refrigerasi
Diagram dan prinsip kerja sistem Refrigerasi
Komponen Utama Cold Storage
Instalasi dan pemilihan komponen cold storage
Kontrol dasar kelistrikan pada cold storage
Merakit kontrol storage
Budianto Asik Widjaja dalam penjelasanya mengatakan bahwa ini merupakan pengalaman dasar atau pengenalan untuk dipelajari mengenai Cold Storage.

“Misalkan Air Dier, Ice Cube Mechine, Cake Showcase, Wine Cooler, Juce Dispencer, Show Case Display, Display Cooler, Extea Low Temperatur, dan Cold Storage lainnya,” jelas Budianto.

Saat diwawancarai, Budianto Asik Widjaja mengatakan bahwa betapa pentingnya peserta mengikuti pelatihan ini karena selain teori juga ada prakteknya.

“Mungkin kalau selama ini cuma teori saja, tapi disini kita praktekkan langsung. Dengan adanya praktek seperti ini, Ilmu dan pengetahuannya semakin luas dan nantinya bisa menghasilkan uang dari karyanya sendiri. Juga Membangkitkan semangat generasi saat ini, dan juga untuk costumernya nanti agar tau cara penggunaanya,” jawab Budianto.

Di lokasi yang sama, Ketua DPD ASISI Kepri Juni Sofyan Putera Zai yang sering disapa pak Zai mengatakan bahwa terkait hadirnya tim pada kegiatan ini merupakan hal yang sangat bagus dan bermanfaat.

“Bagi anggota yang mengikuti kegiatan pelatihan ini, saya sarankan untuk mengambil kesempatan karena ini jarang terjadi sebelumnya dan semoga bermanfaat kepada semua anggota yang mengikuti acara pelatihan ini,” ucap Pak Zai.

Dengan adanya pelatihan ini, salah satu Peserta dari ASISI, Rozi menyampaikan sangat senang dan mendukung kegiatan tersebut.

“Semoga ke depannya kualitas peserta semakin bagus, mungkin ada rekan-rekan yang masih sedikit pengalamannya, maka dengan adanya kegiatan ini akan semakin meningkat pengetahuannya,” ucap Rozi.

Rozi juga mengatakan dengan adanya kegiatan ini semoga ke depan para peserta lebih meningkat lagi. Menurutnya, keahlian dan pengalaman lebih banyak lagi ke depan, sehingga lebih bagus dan dibutuhkan.

Ditambahkannya, dengan hadirnya pelatihan ini, agar para peserta lebih berkompeten lagi menghadapi perkembangan pesat Globalisasi dan lebih profesional lagi.

Diketahui, Peserta yang ikut dalam kegiatan tersebut berkisar 40 orang peserta dari dua organisasi yaitu ASISI dan APITU.

(Yutel)

By Man

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *