Malang //mediainfopol.com
Semarak pesona budaya Gondanglegi kecamatan Gondanglegi yang ke 10 merupakan sebuah event pesona tahunan yang diselenggarakan bertepatan hari jadi Kabupaten Malang. Setelah sukses tahun lalu maka tahun ini di lakukan kembali. Pada hari sabtu 11 November 2023 dimulai pukul 09.00 WIB yang di buka langsung oleh Bupati Malang H.Sanusi sabtu(11/11/23)

Semarak pesona budaya gondanglegi start dari depan indomart sukosari sampai finish depan balai Desa gondanglegi kulon. Rute pesona budaya Gondanglegi di perkirakan berjarak 3 km .Antusiasme peserta Pesona Gondanglegi sebanyak 41 peserta. Berbagai kalangan masyarakat turun berperan aktif,dengan harapan gebyar pesona Gondanglegi berdampak menjadi pertumbuhan ekonomi yang kuat berkelanjut,seimbang,dan inklusif

Tema pesona budaya “Bergerak Maju” adalah nama yang di berikan untuk kolaborasi seni ,yang berhasil menyatukan berbagai elemen seni menjadi sebuah pertunjukan yang indah dan mengedepankan budaya lokal. Inovatif kreasi dalam seni budaya generasi muda harus berperan aktif,agar tak lupa akan sejarah,ucapnya

“Semangat kolaborasi dan kerja sama event pesona budaya benar – benar mengesankan , mengukuhkan Gondanglegi sebagai pusat budaya yang kreatif inovatif penuh semangat .Dengan gemilangnya pesona budaya Gondanglegi,semakin jelas bahwa kekayaan bangsa ini,tidak hanya terletak pada sejarahnya ,tetapi juga pada warisan budaya yang begitu memikat ,menggali berinovasi potensi – potensi budaya lokal, khususnya generasi muda agar tidak lupa akan sejarah budaya nusantara,”jelasnya abah gunawan.

Rangkaian pesona budaya Gondanglegi ,berkolaborasi dengan pabrik rokok sayap mas menjadikan event pesona budaya lebih semarak, tampilan penunggang sapi dan sakera sayap mas, adat jaman dulu dengan sepeda onthel,tak luput dari pandangan anak – anak bersepeda penuh semangat tak hiraukan terik matahari menyenggat tubuh,tetap bersemangat, pertunjukan pesona buadaya, sangat memukau menghipnotis masyarakat yang memadati jalan, begitu pula para pedagang tiap sudut jalan penuh warung – warung dadakan menjadikan gebyar pesona budaya begitu meriah.

“Pesona budaya luapan masyarakat sangat antusias dengan adanya event pesona budaya ini, selain untuk memupuk budaya Gondanglegi , juga menumbuhkan sektor – sektor perputaran ekonomib,utamnya UMKM ,warung kreatif dan juru parkir,”imbuhnya

Ditempat terpisah pantauan awak media seorang ibu nama Rodiyah,bangga mas ada acara seperti ini,saya bisa berjualan hanya ada event kami jualan ..Allhamdullilah lancar dagangan saya . Juru parkir Hamid lumayan ramai kendaraan yang masuk,tiap kendaraan tarif 20 rb beranggotakan 12 personil, bisa nambah ekonomi keluarga ,jelasnya.

Pesona budaya tahunan ini,di Kabupaten Malang,mampu mengembangkan potensi budaya lokal yang ada di wilayahnya tersebut, acàra ini peran serta masyarakat agar acara berjalan lancar. Event pesona budaya guna membangkitkan ekonomi masyarakat mendorong sektor ekonomi pariwisata gondanglegi lebih maju lagi,”pungkasnya (eddyinfopol)

By Man