oppo_1058

Gresik, mediainfopol.com
Kajian rutin yang merupakan salah satu program kerja dari bidang pendidikan dan pelatihan dengan tujuan Meningkatkan pengetahuan dan pemahaman, membangun silaturahmi, dan merefleksikan kembali materi yang diberikan kepada jamaah pada kehidupan sehari -hari.

Kajian rutin yang dibungkus dengan tema toharoh tersebut dilaksanakan dengan lesehan di ruang utama masjid dengan Santai, yang hingga saat ini telah dilaksanakan sekali setiap bulannya.

Kajian rutin dilaksanakan oleh pengurus Masjid Annur Kampung Jln Kampung desa Pucung Kec. Balongpanggang Gresik Jawa Timur. 19/10/2024

Kajian tersebut di asuh oleh KH. Jaelani, S.Pd. menyampaikan berkaitan dengan bersuci. Sambil memperagakan bagaimana cara bersuci yang benar sesuai dengan Quran surat Al-Maidah ayat 6:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِذَا قُمْتُمْ اِلَى الصَّلٰوةِ فَاغْسِلُوْا وُجُوْهَكُمْ وَاَيْدِيَكُمْ اِلَى الْمَرَافِقِ وَامْسَحُوْا بِرُءُوْسِكُمْ وَاَرْجُلَكُمْ اِلَى الْكَعْبَيْنِۗ وَاِنْ كُنْتُمْ جُنُبًا فَاطَّهَّرُوْاۗ وَاِنْ كُنْتُمْ مَّرْضٰٓى اَوْ عَلٰى سَفَرٍ اَوْ جَاۤءَ اَحَدٌ مِّنْكُمْ مِّنَ الْغَاۤىِٕطِ اَوْ لٰمَسْتُمُ النِّسَاۤءَ فَلَمْ تَجِدُوْا مَاۤءً فَتَيَمَّمُوْا صَعِيْدًا طَيِّبًا فَامْسَحُوْا بِوُجُوْهِكُمْ وَاَيْدِيْكُمْ مِّنْهُۗ مَا يُرِيْدُ اللّٰهُ لِيَجْعَلَ عَلَيْكُمْ مِّنْ حَرَجٍ وَّلٰكِنْ يُّرِيْدُ لِيُطَهِّرَكُمْ وَلِيُتِمَّ نِعْمَتَهٗ عَلَيْكُمْ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ ۝٦

Artinya: Wahai orang-orang yang beriman! Apabila kamu hendak melaksanakan salat, maka basuhlah wajahmu dan tanganmu sampai ke siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kedua kakimu sampai ke kedua mata kaki. Jika kamu junub, maka mandilah. Dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, maka jika kamu tidak memperoleh air, maka bertayamumlah dengan debu yang baik (suci); usaplah wajahmu dan tanganmu dengan (debu) itu. Allah tidak ingin menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, agar kamu bersyukur.

KH. Jaelani, SPd yang juga pengurus Muhammadiyah Cabang Balongpanggang Gresik tersebut juga langsung mempraktekkan cara bersuci (wudlu)

Jamaah sangat antusias mengikuti dan memperhatikan gerakan demi gerakan dengan seksama karena kajian tersebut langsung dibarengi dengan praktek.

Ketua Pelaksana bersama dengan segenap pengurus berharap agar kajian ini bisa berkelanjutan dan agar kita akan lebih baik lagi.

Selesai kajian dilanjutkan Sholat Isyak berjamaah dan ramah tamah. (Mans)

By Man