Lubuklinggau// mediainfopol.com/Dalam rangka memperingati Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke-64 dan Ulang Tahun Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) ke-24, Kejaksaan Negeri (Kejari) Lubuklinggau menggelar berbagai kegiatan sosial. Puncak acara diadakan dengan upacara peringatan HBA dan mendengarkan amanat Jaksa Agung Republik Indonesia pada Senin, 22 Juli 2024.

Rangkaian kegiatan dimulai pada Senin, 15 Juli 2024, dengan acara donor darah yang diikuti oleh para pegawai Kejari dan masyarakat setempat. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya donor darah sebagai bentuk solidaritas sosial.

Selanjutnya, pada Kamis, 18 Juli 2024, Kejari Lubuklinggau bekerja sama dengan Pemerintah Kota Lubuklinggau melalui Dinas Perumahan dan Pemukiman (Perkim) menggelar bedah rumah bagi 10 warga kurang mampu. Kegiatan ini mendapat sambutan hangat dari masyarakat yang menerima bantuan tersebut.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Lubuklinggau, Anita Asterida SH, MH, bersama dengan Kasi Inteligen Wenharnold, Kasi Pidsus Ahmad Arjansyah Akbar, Kasi Pidum Merry, Kasi Datun Apdian, Kasi BB Imam, dan Kasubagbin RA Sulaiman, turun langsung untuk meletakkan batu pertama di rumah warga Kelurahan Majapahit, Kecamatan Lubuklinggau Timur I. Selain itu, mereka juga membagikan sembako kepada masyarakat kurang mampu.

Warga yang menerima bantuan bedah rumah adalah Hermina dari Kelurahan Pelita Jaya, Haironi dari Kelurahan Senalan, M. Nur Sama dari Kelurahan Perumnas Nikan, Rep Al Aldian dari Kelurahan Majapahit, Fiza Almarhum dari Kelurahan Majapahit, Rukia dari Kelurahan Batu Urip, Nut Iman dari Kelurahan Majapahit, Junaidi dari Kelurahan Batu Urip Taba, Eci dari Kelurahan Taba Jemekeg, dan Budi Putri Jaya.

Pada Jumat, 19 Juli 2024, Kejari Lubuklinggau menggelar berbagai perlombaan antar bidang untuk mempererat kekompakan dan semangat kerja antar pegawai. Sorenya, dipimpin oleh Kajari, mereka melakukan kunjungan ke Panti Asuhan Masthuro di Kelurahan Keputraan dan Panti Jompo Tresna Werdha Budi Luhur di Kelurahan Kayu Ara. Di sana, mereka memberikan alat bersih lantai untuk panti jompo dan buku tulis untuk anak-anak panti asuhan. Kunjungan ini juga sebagai bentuk penghormatan dan perhatian kepada sesepuh dan senior yang pernah bertugas di Kejari Lubuklinggau.

Kegiatan berlanjut pada Sabtu, 20 Juli 2024, dengan berbagai perlombaan untuk anggota IAD, yang diikuti dengan antusiasme tinggi. Pada Minggu, 21 Juli 2024, diadakan upacara di Makam Pahlawan untuk menghormati jasa para pahlawan yang telah gugur. Upacara ini dilanjutkan dengan resepsi HUT IAD ke-24 di Aula Kejari Lubuklinggau.

Puncak peringatan HBA ke-64 diadakan pada Senin, 22 Juli 2024, dengan upacara yang dihadiri oleh seluruh staf Kejari Lubuklinggau. Dalam kesempatan tersebut, mereka mendengarkan amanat Jaksa Agung Republik Indonesia yang menekankan pentingnya profesionalisme dan integritas dalam menjalankan tugas sebagai penegak hukum. Acara ditutup dengan syukuran dan resepsi di Aula Kejari Lubuklinggau.

Kajari Lubuklinggau, Anita Asterida SH, MH, yang didampingi oleh Ketua Panitia HBA dan HUT IAD, Kasi Datun Apdian, dan Kasi Inteligen Wenharnold, menyatakan bahwa rangkaian kegiatan yang dilakukan seperti bedah rumah dan bakti sosial ke berbagai panti adalah bentuk nyata kepedulian Kejari terhadap masyarakat.

“Selain bedah rumah untuk 11 warga, kami juga memberikan bantuan sembako. Untuk panti jompo, kami memberikan alat bersih lantai, dan untuk anak panti asuhan, kami berikan buku tulis. Kami juga mengunjungi sesepuh dan senior kami yang pernah bertugas di Kejari Lubuklinggau agar mereka tetap merasa diperhatikan,” ungkapnya.

Kajari Lubuklinggau berharap keberadaan Kejari Lubuklinggau dapat diterima oleh masyarakat luas dan pihaknya dapat mengemban tugas dengan baik. “Semoga mereka senantiasa mendoakan supaya keberadaan Kejari Lubuklinggau diterima oleh masyarakat dan kami dapat menjalankan tugas dengan baik,” harapnya.

(M.Harus ak)