Musi Rawas// mediainfopol.com/Dalam rangka meningkatkan keamanan, ketertiban, keselamatan situasi dan kondisi di wilayah hukum Polres Musi Rawas (Mura).

Polres Mura, meliputi Satuan Samapta, Satuan Lalulintas, Satuan Reserse Kriminal, Satuan Reserse Narkoba, Satuan Intelkam, melaksanan Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD), di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum), di pusatkan di depan Mapolres Mura, Sabtu malam (20/7/2024).

Kegiatan tersebut dipimpin oleh Kapolres Mura, AKBP Andi Supriadi SH, SIK, MH diwakili Kasi Humas, AKP Herdiansyah dan Kasat Samapta, AKP Freddy Rajaguguk SH, beserta puluhan personel disetiap satuan di Mapolres Mura.

Hal tersebut dibenarkan, Kapolres Mura, AKBP Andi Supriadi SH, SIK, MH diwakili Kasi Humas, AKP Herdiansyah dan Kasat Samapta, AKP Freddy Rajaguguk SH, saat dikonfirmasi, Minggu (21/7/2024).

“Semalam, sengaja menggelar KRYD, yang di pusatkan di Jalinsum, di depan Mapolres Mura, sebagai bentuk untuk meningkatkan keamanan, ketertiban, keselamatan situasi dan kondisi di wilayah hukum Polres Mura,” kata Kasi Humas didampingi Kasat Samapta.

Kasi Humas menjelaskan, dalam operasi yang dilaksanakan pada, Sabtu malam, merupakan bagian dari upaya preventif untuk menekan angka kriminalitas dan menjaga situasi kamtibmas tetap kondusif. 

“KRYD adalah salah satu langkah nyata kami untuk memastikan warga merasa aman dan nyaman dalam beraktivitas khususnya pada malam hari,” jelasnya

Lebih lanjut, ia menjelaskan, bentuk dari kegiatan ini melakukan patroli menyeluruh dan pengecekan di berbagai titik rawan diwilayah Kabupaten Mura. 

Selain itu juga, dilakukan juga pemeriksaan terhadap kendaraan dan identitas diri warga yang melintas, sebagai upaya pencegahan terhadap tindak kejahatan seperti pencurian, narkoba, dan kejahatan jalanan lainnya.

Dalam kegiatan ini juga melibatkan dialog dengan warga setempat untuk mendengar langsung keluhan dan masukan terkait keamanan lingkungan. 

“Kerja sama dengan masyarakat sangat penting. Kami mendorong warga untuk melaporkan setiap hal mencurigakan agar dapat segera di tindaklanjuti,” paparnya

Salah satu pengedara sekaligus warga Kecamatan Muara Beliti, Yadi (45), saat melintas, mengapresiasi kegiatan tersebut. 

“Dengan adanya patroli rutin seperti ini, kami merasa lebih tenang, minimal bisa mencegah pelaku kejahatan. Semoga kegiatan seperti ini terus dilakukan,” tuturnya.(M.Harus ak)