Palembang/media infopol. Co. Id/17/08/2023
Kapal Telok Abang (telur merah) Tradisi Tahunan Momen Kemerdekaan di Palembang. Sudah ada sejak masa Ratu Wilhelmina II dari Belanda
Momen kemerdekaan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia setiap 17 Agustus, selalu diwarnai dengan ragam tradisi dari semua pelosok Tanah Air. Tak kalah meriah dari daerah lain, Palembang juga memiliki simbol perayaan bernama Kapal Telok Abang.

Kapal Telok Abang merupakan permainan tradisional berbentuk kapal atau perahu yang terbuat dari gabus. Kapal Telok Abang secara turun-menurun menjadi aksesori wajib ketika 17 Agustus-an. Dahulu, Kapal Telok Abang menjadi souvenir rutin orangtua kepada anaknya.
Namun seiring zaman, lambat laun Kapal Telok Abang perlahan tergerus dan khawatir punah. Berdasarkan sejarah, Kapal Telok Abang populer sejak tahun 1960-an ke atas.

Permainan tradisional Kapal Telok Abang merupakan perkembangan perubahan zaman. Sebelumnya, hanya permainan tradisional tanpa telur berwarna merah. Hadirnya telok abang seiring dengan penjualan dan inovasi pengrajin yang menghadirkan permainan dengan bonus telur.
Telok abang itu telur yang telah direbus dan diberi pewarna merah pada permukaan kulitnya. Dulu telor bebek tapi mungkin faktor harga maka diganti telur ayam. Jadi sudah mendapat mainan, anak-anak juga bisa makan telurnya

Hasil pantawan media. 17/08/2023 pukul 13.00 wib, tepat di sepanjang jalan suro sampai taman BKB ( benteng kuto besak)
Memang benar bahwa kapal mainan telok abang(telur merah) memang sudah sedikit yang jual
Walau pun ada juga sedikit yang pakai telur merah nya
.”harga nya 25.000 kalau yang pakai telok abang, dan yang tidak pakai telok 15.000
Ini terbuat dari gabus asli pak, gabus nya agak susah di cari maka nya mahal, “ungkap ms ,penjual kapal telok abang

Thuhib

By Man

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *