Lubuklinggau// mediainfopol.com/ 20 Juni 2024 – Pj Ketua TP PKK Kota Lubuklinggau, Hj Henita Andriani Trisko, menghadiri acara sosialisasi gemar makan ikan (Gemarikan) yang bertujuan untuk pencegahan stunting. Acara tersebut diadakan di Aula Hotel Hakmaz Taba, Jalan Yos Sudarso, Kelurahan Majapahit, Kamis (20/6/2024).

Kepala Dinas Perikanan Kota Lubuklinggau, Asron Erwandi, dalam laporannya mengungkapkan bahwa pihaknya telah membentuk kelompok perikanan di setiap kecamatan serta membuka koperasi yang saat ini aktif dan telah mendapat persetujuan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan. Program ini dinamakan Kampung Perikanan. “Kampung perikanan ini juga merupakan penggerak masyarakat agar gemar makan ikan yang kaya protein,” ujar Asron.

Staf Ahli Wali Kota Bidang Perekonomian, Kamaludin, turut menambahkan bahwa ikan merupakan salah satu protein hewani yang sangat penting untuk tumbuh kembang anak. “Selain protein, harga ikan cukup terjangkau dan juga mengandung omega 3 dan 6 yang membantu menjaga kesehatan otak, jantung, dan saraf,” jelasnya. Kamaludin menegaskan bahwa kegiatan ini merupakan upaya untuk meningkatkan gizi anak sejak dini melalui program Gemarikan, yang bertujuan memotivasi masyarakat agar meningkatkan pola makan konsumsi ikan.

Pj Ketua TP PKK Kota Lubuklinggau, Hj Henita Andriani, menyoroti pentingnya meningkatkan konsumsi ikan di kalangan anak-anak untuk mencegah stunting. “Rendahnya tingkat konsumsi ikan akan berdampak pada kekurangan gizi yang seharusnya terpenuhi sejak anak usia dini, karena penting untuk pertumbuhan badan dan otak,” ungkap Henita.

Henita berharap informasi yang didapat dari sosialisasi ini dapat disebarkan kepada masyarakat luas. “Dengan pengetahuan yang didapat dalam sosialisasi hari ini, saya meminta agar informasi ini bisa dibagikan kepada masyarakat luas sehingga anak-anak Lubuklinggau terhindar dari stunting melalui program Gemarikan,” imbuhnya. Ia juga menekankan bahwa ikan, bersama dengan telur, tempe, dan tahu yang juga terjangkau, merupakan makanan bergizi tinggi yang dapat mencegah stunting.

Dia juga berharap para ibu dapat mengajak anak-anaknya untuk gemar makan ikan dan membiasakan pola makan yang kaya gizi dan protein. “Selain pola makan yang sehat, gaya hidup sehat dan bersih juga sangat berpengaruh dalam mencegah stunting dalam keluarga,” pungkasnya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab antara para ibu, pengurus Kampung Perikanan, dan anggota PKK yang hadir. Materi juga diberikan oleh Ketua Persagi, H M Ridho Nugroho, yang menekankan pentingnya pemberian makanan bergizi seperti ikan untuk perkembangan anak.

Dengan program Gemarikan ini, diharapkan angka stunting di Kota Lubuklinggau dapat ditekan secara signifikan melalui peningkatan konsumsi ikan yang kaya protein dan nutrisi penting lainnya.

(M. Harus ak)