Banyuwangi, mediainfopol.com

YOSOMULYO Dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha 1445 H, Pemdes Yosomulyo menggelar takbiran. Takbir tidak hanya digemakan di masjid, mushola tetapi juga di jalan. Ratusan warga dan anak-anak mengikuti takbir keliling seraya membawa oncor atau obor.

Agenda takbir keliling Pemdes Yosomulyo ini dibalut dengan tema ‘Seribu Oncor’, yang digelar serentak di 5 dusun se Desa Yosomulyo, Minggu, 16/6/2024. Malam.

Kesan khusuk dan sakral bisa dirasakan saat barisan oncor melintas menyusuri jalan keliling kampung. Dengan memakai busana muslim para warga, guru ngaji, santri TPQ, SD, MI dan juga anak TK tumplek blek memenuhi ruas jalan melantunkan gema takbir.

Guna memudahkan koordinasi dan suksesnya acara, secara powerfull Sekdes Asrofi membagi tugas kepada semua perangkat desa sebagai koordinator lapangan ( Korlap).

Tiap dusun dipimpin oleh korlap. Korlap merupakan perangkat desa, dibantu staf dan Lembaga desa ( BPD, LPMD, RT, RW) yang tinggal di masing masing dusun tersebut.

Korlap Dusun Sidomukti Ririn Suhairini,  Dusun Sidorejo Wetan Korlap Nanang Kosim, Korlqp Sidorejo Kulon Ina Nurjanah dan Yosi Eka Agustin, Korlap Dusun Krajan Dwi Retno DMS, dan Dusun Sidotentrem  Korlap Paul Apriliadi.

Kepala Desa Yosomulyo Drs. Joko Utomo Purniawan, M.Pd, menyampaikan dengan memanfaatkan setiap moment yang ada, Pemdes Yosomulyo berusaha mengadakan kegiatan pendukung.

“Diadakanya takbir keliling kampung jalan kaki menggunakan oncor ini selain menyemarakkan dalam menyambut Hari Raya Idul Adha,  juga mendidik generasi melinial untuk mengenal sejarah tradisi takbir generasi santri jaman dulu,” kata Kades Joko.

Kades Joko. menjelaskan, mengapa membawa  oncor, oncor dalam takbir keliling sebagai pertanda pepadhang atau penerang. Artinya untuk saling mengingatkan dan menerangi satu sama lain. Tak hanya itu, api yang menyala memiliki simbol semangat juang. “Kita harus punya semangat hidup, semangat menjalankan ajaran agama,” jelasnya

Ia pun berharap kegiatan tersebut tidak hanya menjadi agenda tahunan tetapi juga menambah jalinan silaturahmi dan kerukunan antar sesama”pungkasnya

 

(sis kbiromip)