JEMBER, Mediainfopol.com

ATR/BPN Jember menggelar Rapat Koordinasi Awal Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) di Ballroom Hotel Aston Jember pada Selasa (21/5/2024) pagi.

Rapat tersebut dibuka oleh Bupati Jember Ir. Hendy Siswanto ST., IPU., Asean Eng., didampingi Sekretaris Daerah Kab. Jember Hadi Sasmito, jajaran Forkopimda,, serta para OPD pendamping.

Dalam sambutannya, bupati menyampaikan tujuan utama GTRA yakni mengurangi ketimpangan penguasaan dan pemilikan tanah, menciptakan sumber-sumber kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat yang berbasis agrarian.

“Dengan adanya rakor ini kita sama-sama perkuat kolaborasi antara Polisi, TNI dan Kejaksaan serta selurub pihak . Saya minta tolong berikan hak rakyat Jember yang memang memiliki hak,” ucap Bupati Jember.

Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Jember, Akhyar Tarfi S.SiT., M.H. berharap setelah kegiatan rapat koordinasi ada kegiatan – kegiatan lainnya yang tentunya perlu disupport oleh Pemerintah daerah atau instansi terkait sehingga apa yang menjadi permasalahan dapat diselesaikan.

Pada rapat koordinasi ini juga dilakukan penyerahan simbolis sertifikat redistribusi tanah oleh Bupati Jember kepada 4 penerima. Dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Dr. Bhim Prakoso, S.H., MM., Sp.N., M.H dengan tema sinkronisasi kebijakan penataan aset dan akses yang berkeadilan guna mewujudkan kemakmuran rakyat dan Adhitya Wardhono, SE, M.Si, M.Sc, Ph.D. dengan tema membangun perekonomian dengan pemberdayaan tanah masyarakat.

 

 

(syAhrOni)