Gresik, mediainfopol.com , Asosiasi Kepala Desa (AKD) Kecamatan Balongpanggang bersama dengan sejumlah Insan Pers mengadakan kegiatan Di gedung (Aula) pertemuan  Bumdesma Maju Sejahtera  yang berlokasi di Jln Raya Kecamatan Balongpanggang Kabupaten Gresik Jawa Timur,  Kegiatan tersebut bertema “Merajut Kebersamaan, Menggali Potensi, Menggagas Karya Ikut Serta Dalam Membangun Desa” merupakan tema yang tepat disaat gencarnya arus pembangunan yang selama ini dilaksanakan di desa.  Kegiatan tersebut di hadiri oleh Camat Balongpanggang Muhammad Amri, S.SiT, Ketua AKD Balongpanggang Siswadi, S.P., sejumlah Kepala desa dan puluhan insan pers dari 25 media online dan Cetak, serta undangan lainnya. (Senin, 31/7/2023)

Siswadi   sebagai Ketua AKD Kecamatan Balongpanggang menyampaikan apresiasi dan mendukung kegiatan tersebut, sebab sebelumnya sudah mendapat informasi yang jelas terkait arah gagasan acara ini.

Beliau juga menuturkan bahwa seiring dengan perkembangan zaman maka desa harus terus berbenah untuk kemajuannya dan ini tidak bisa lepas peran media.

“Media merupakan social kontrol yang merupakan penyambung informasi kepada masyarakat luas, serta peran media sebagai bagian dari sosial kontrol dalam mengawal pembangunan desa di wilayah Balongpanggang khususnya.”

Lebih lanjut Ketua AKD yang juga Kepala Desa Dapet ini menyampaikan agar  berkolaborasi yang baik sehingga potensi desa bisa semakin dikembangkan,

“peran media sangat penting semoga bias berkolaborasi dengan baik agar bisa turut mengembangkan potensi yang ada di desa”  harapnya.

Sosok Kepala Desa yang menjadi Sekretaris AKD Kabupaten Gresik ini juga menyampaikan pesan agar teman teman media dalam menjalankan tugas hendaknya tetap mengedepankan etika serta bisa menjadi inspirasi bagi masyarakat secara luas, dan semoga sinergitas yang terbangun ini bisa tetap terjaga dan ditingkatkan dan endingnya mampu memaksimalkan potensi yang ada pungkasnya

Kegiatan yang pertama kali diadakan di Kecamatan Balongpanggang ini mendapat Apresiasi dari  Camat Balongpanggang Muhammad Amri, bahwa kegiatan ini sudah lama digagas serta sudah dikomunikasi dan hari ini bisa direalisasikan 

“Kegiatan ini sungguh luar biasa dan ini merupakan kegiatan pertama kali di Kecamatan Balongpanggang bahkan di Kabupaten Gresik, yang selama ini digagas dan dikomunikasikan sehingga bisa terlaksana ”.

Beliau juga menyampaikan  agar media juga menjadi bagian support sytem dalam pembangunan di desa khususnya wilayah Balongpanggang.

 “Sinergisitas media dengan pemerintah  desa bisa menjadi energi positif serta mampu mewujudkan kondusifitas, kenyamanan, dan keamanan sehinggan bisa menjadi bagian support sytem dalam pembangunan di Kecamatan Balongpanggang.” 

Lebih lanjut pria bergelar Sarjana sain Terapan berharap kepada insan media yang hadir dalam pertemuan sembari menekankan agar teman teman bisa membantu desa untuk terus menggali potensi dan terobosan terobosan inovasi desa.

“Saya berharap teman teman media menjalankan peran sebagai sosial kontrol pada segala aspek, namun teman teman media juga mampu menunjukan peran sebagai bagian yang ikut serta  mencerdaskan masyarakat sehingga mampu memaksimalkan potensi yang ada khusunya masyarakat yang ada di desa dan pada akhirnya terwujudnya situasi yang Kondusif, maju dengan masyarakat yang sejahtera,” pungkasnya.

Acara yang dipandu oleh Moc. Mansur dan dialog (Diskusi) yang dipandu oleh Wahyudi, kedua pemandu acara tersebut berhasil membawa audien terkesan berada dalam nuasa kekeluargaan dan penuh keakraban, hal tersebut tercermin saat beberapa audien bertanya salah satu diantaranya  H. Hariono S.P Kepala Desa Wotan Sari terkait dengan Media sebagai Sosial Kontrol untuk bisa bersinergi dengan desa.

Sementara Sulaiman Wello selaku inisiator kegiatan menjelaskan dan sekaligus menjawab secara gamblang terkait alasan, arah dan tujuan kegiatan yang dirangkum menjadi satu motto “JAGA DIRI” atau (Jaring Gagasan melalui Diskusi Ringan).

Beliau  juga menjelaskan bahwa ini sebagai wujud nyata atau langka konkrit komitmen bersama antara pemerintah desa dengan insan pers yakni terwujudnya tatanan kehidupan yang “Kondusif, semua bisa bekerja secara Aman dan Nyaman”, tentunya sesuai kapasitas dan batasan kewenangan masing masing, artinya tetap mengedepankan etika dan prosedur aturan yang berlaku tandasnya.

Tidak terasa waktu Bergulir sampai pukul 11.50 wib sehingga pembawa acara pempersilahkan  H Roto Kepala Desa Wonorejo untuk  memimpin Do`a. (ericz/mip.com )

By wahyu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *