Gresik, mediainfopol.com

Banjaragung adalah sebuah Desa yang berada berdekatan dengan bantaran Kali Lamong, merupakan Kawasan rawan banjir bahkan setiap tahun tiadakata henti dari banjir, namun tak menyurutkan nyali seorang berperawakan gempal tersebut.

Sebut saja Hargianto, Kepala Desa adalah seorang pemuda Tangguh yang tak pernah ciut nyalinya, beliau senantiasa bergerak dan terus berinovasi demi kemajuan desanya.

Hal tersebut dibuktikan dengan desanya turut ambil bagian penilaian dan uji lapangan Nawa Karsa Award kabupaten Gresik 2024

Acara tesebut di gelar di Pendopo Agung Desa Banjaragung Pada hari Jumat 1 Maret 2024 yang dihadiri Ketua TP PKK Kabupaten Gresik Nurul Haromaini Ali Akhmad Yani, (Jum`at, 01-03-2024)

Istri Bupati Gresik tersebut merasa kagum terhadap nuansa pedesaan walaupun diguyur hujan tetapi tidak menyurutkan dalam pelaksanaannya.

” Meskipun Lomba di warnai hujan deras, semangat warga Desa Banjaragung Kecamatan Balongpanggang sangat luar biasa, dalam mengikuti lomba Nawakarsa Awards, Lomba Desa atau Kelurahan dan Lomba 10 Program PKK Kabupaten Gresik,” paparnya

Beliau juga mengatakan ada Sembilan Desa yang akan dinilai termasuk Banjaragung,

” Hari ini kita melakukan penilaian, yang sudah melewati proses laporan , pemaparan yang nantinya ditindaklanjuti, untuk dilakukan pengecekan sejauh mana pelaporan administrasi, yang di paparkan apakah sudah sesuai dengan keadaan yang sebenarnyaā€¯.

Istri Bupati Gresik tersebut menyampaikan bahwa kurang lebih dari 300 desa di Kabupaten Gresik, Desa Banjaragung masuk 9 besar, beliau sangat salut.

“Saya sangat salut kepada Desa Banjaragung, sungguh sangat luar biasa, karena kurang lebih 300 Desa yang ada di Kabupaten Gresik, yaitu salah satunya Desa Banjaragung yang telah menjadi sembilan besar perwakilan yang ada di Kabupaten Gresik,” Ungkapnya.

Lebih lanjut beliau juga mengajak dan berpesan kepada Kepala Desa agar tidak takut mengikuti lomba.

” Lomba Desa ini adalah bentuk pembinaan dalam admistrasi dan mempresentasikan yang ada di Desa, Kepala Desa jangan takut mengikuti lomba desa, mari kita jadikan lomba Desa untuk memacu dalam memberikan pelayanan publik,” Pungkasnya.

Camat Balongpanggang Suryo Wibowo, dalam Sambutannya, memberikan ucapan selamat kepada Desa karena telah menjadi perwakilan dari 25 desa di Kecamatan Balongpanggang.

” Kami ucapkan selamat kepada Desa Banjaragung yang telah menjadi perwakilan di wilayah Kecamatan Balongpanggang, meskipun disambut dengan hujan, tetapi tidak mengurangi semangat warga Banjaragungā€¯.

Di akhir sambutanya beliau berkelakar dan berharap bahwa Desa Banjaragung bisa menjadi perwakilan Gresik ke tingkat Provinsi

“Desa Banjaragung tidak dipersiapkan menjadi juara, tetapi kami siap dapat mewakili untuk menjadi wakil dari Kabupaten Gresik. ” Sampai jumpa dan ketemu di tingkat provinsi,” pungkasnya.

Saat pemaparan di hadapan para undangan Hargianto lebih banyak memaparkan potensi yang ada di desanya, termasuk cikal bakal adanya Pasar Desa

Selain dihadiri Ketua TP PKK Kabupaten Gresik, tampak hadir Abu Hassan (Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa), Kapolsek Balongpanggang AKP Dawud , Sekcam Nursalim, Kepala UPT Puskesmas Balongpanggang dr. Masrizal, Kepala UPT Puskesmas Dapet dr. Erna, Ketua AKD beserta para Kepala Desa sewilayah Kecamatan Balongpanggang dan acara diakhiri dengan pembagian bingkisan kepada warga desa (Red)

By Man