Malang//mediainfopol.com
Wujudkan lingkungan desa binaan sehat terhindar dari wabah penyakit Demam Berdarah Babinsa Koramil 0818/13 Kalipare, Serka Kusdarianto, bersama petugas Puskesmas Kalipare menggelar kegiatan fogging di wilayah Desa Kalipare, Kecamatan Kalipare, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Kamis (4/1/2024).

Kegiatan fogging ini dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran penyakit demam berdarah dengue (DBD). Kegiatan ini menyasar seluruh wilayah Desa Kalipare, mulai dari rumah warga, tempat ibadah, hingga fasilitas umum.

Serka Kusdarianto mengatakan, kegiatan fogging ini penting dilakukan untuk mencegah penyebaran DBD. Hal ini karena DBD merupakan penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes aegypti.

“Nyamuk Aedes aegypti berkembang biak di genangan air,” kata Serka Kusdarianto.
Oleh karena itu, ia mengimbau kepada warga untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar rumah mereka. Hal ini untuk mencegah berkembang biaknya nyamuk Aedes aegypti.

“Warga juga harus melakukan gerakan 3M, yaitu menguras, menutup, dan mengubur,” kata Serka Kusdarianto.
Gerakan 3M adalah upaya untuk mencegah berkembang biaknya nyamuk Aedes aegypti. Menguras dilakukan untuk membuang genangan air di bak mandi, vas bunga, dan tempat penampungan air lainnya. Menutup dilakukan untuk menutup rapat tempat penampungan air. Mengubur dilakukan untuk mengubur barang bekas yang dapat menjadi tempat penampungan air.
Selain fogging, Serka Kusdarianto juga memberikan sosialisasi kepada warga tentang cara mencegah penyebaran DBD. Ia menjelaskan kepada warga tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan menerapkan gerakan 3M.

“Kami berharap dengan kegiatan fogging dan sosialisasi ini, penyebaran DBD di Desa Kalipare dapat dicegah,” kata Serka Kusdarianto.

By Man