Malang //mediainfopol.com
Kepolisian Resor Malang, Polda Jatim, terus mengintensifkan upaya pengamanan menjelang pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Salah satu langkah nyata dilakukan oleh Polsek Jabung dengan menggelar pelatihan bagi anggota Linmas di Desa Argosari, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang, Minggu (17/12/2023).

Sejumlah 35 orang petugas Linmas Desa Argosari turut serta dalam pelatihan yang dipimpin oleh Bhabinkamtibmas dan Babinsa setempat. Kegiatan ini menjadi bagian dari persiapan dalam memastikan keamanan dan kelancaran pelaksanaan Pemilu 2024 di wilayah Kabupaten Malang.

Kasihumas Polres Malang, Ipda Muhammad Adnan, menyampaikan tujuan dari pelatihan ini adalah memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada anggota Linmas terkait pengamanan dan pertahanan, khususnya dalam konteks keterlibatan mereka dalam pengamanan Pemilu 2024.

Pelatihan dan pembinaan anggota Linmas yang diberikan mencakup berbagai aspek yang relevan dengan tugas mereka, termasuk pengamanan, pertahanan, dan penanganan berbagai situasi yang berkaitan dengan tindakan kriminal maupun non-kriminal di wilayah masing-masing. Selain itu, materi sosialisasi mengenai undang-undang dan peran serta tugas Linmas juga disampaikan secara mendalam.

“Pelatihan ini tidak hanya untuk meningkatkan keterampilan fisik, tapi juga membekali petugas Linmas dengan pengetahuan yang lebih mendalam tentang tugas dan tanggung jawab mereka selama pengamanan Pemilu,” kata Ipda Adnan saat dikonfirmasi di Polres Malang, Minggu (17/12).

Ipda Adnan menambahkan, pihaknya berencana untuk melibatkan lebih banyak desa dalam program serupa guna memastikan kesiapan semua pihak terkait dalam menghadapi Pemilu 2024. Langkah ini sejalan dengan upaya penguatan keamanan dan ketertiban di tingkat lokal sebagai bagian integral dari persiapan menyeluruh menjelang even demokrasi nasional tersebut.

Dengan pelatihan ini, lanjutnya, diharapkan anggota Linmas dapat lebih siap dan terlatih dalam mengatasi potensi gangguan keamanan yang mungkin timbul selama pelaksanaan Pemilu.

“Linmas memiliki peran strategis dalam menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif selama Pemilu. Kami berharap pelatihan ini dapat memberikan bekal yang memadai bagi petugas Linmas untuk melaksanakan tugas mereka dengan baik dan profesional,” imbuhnya.

Pelatihan Linmas oleh Polres Malang ini menjadi bukti nyata komitmen aparat keamanan dalam mengamankan jalannya Pemilu 2024. Dengan keterlibatan aktif masyarakat dan peningkatan kualitas Linmas, diharapkan Pemilu 2024 dapat menjadi ajang demokrasi yang berkualitas dan adil bagi seluruh warga negara. (Eddy//u-hmsresma)

By Man