Kutai Timur
MediaInfopol.com

Sabtu 28 September 2024.
Dinas Badan Kesatuan Bangsa dan Politik ( Kesbangpol) Kabupaten Kutai Timur adakan sosialisasi pendidikan politik ” dengan tema: Peran Ormas Dalam Meningkatkan Partisipasi Pemilih Pada Pilkada serentak tahun 2024.
Ketua penitia pelaksanaan acara dari Dinas Kesbangpol ” Tresya SE. SMI. yang diadakan di Hotel Royal Victoria, jln. A. Wahab Syahrani no.1 Sangata Kutai Timur.
Mengawali sambutan hangat dan sekaligus menyampaikan laporan acara sosialisasi pendidikan politik, Peran Ormas Dalam Meningkatkan Partisipasi Pemilih Pada Pilkada serentak tahun 2024, bisa berjalan dengan damai.

Kepala dinas Kesbangpol, resmi membuka acara, sosialisasi pendidikan politik untuk ormas, yang di wakili “Suryatno SE.MM. Sekretaris di Dinas Kesbangpol Kutai Timur Sangatta.
Dalam sambutannya menyatakan bahwa pertemuan ini merupakan momen berharga untuk bersilahturahmi dengan pengurus organisasi kemasyarakatan di wilayah tersebut. ” Semoga momentum bagi kita untuk menjalin hubungan yang harmonis saling berkomunikasi dan bersinergi dalam pembangunan daerah, ”
Selain itu organisasi kemasyarakatan memiliki kedekatan dengan masyarakat, karena turut serta memberikan pelayanan dasar, terutama kepada mereka yang belum tersentuh oleh pemerintah.
Dan dibentuk berdasarkan kesamaan karkteriaristik seperti agama atau suku sehingga ikatan dengan anggota menjadi lebih kuat. Hal senada Juga berpesan kepada semua pihak yang terlibat dalam pertemuan sosialisasi ini agar bisa bersinergi mensukseskan pilkada damai, khususnya ormas yang ada dalam undangan, agar ormas bisa berperan aktif di Pilkada nanti” ucapnya.

Semoga Pilkada Serentak Tahun ini, khususnya di Kutai Timur aman terkendali dengan damai.
Pembicara yang diutus dari KPU, ketua komisi pemilihan umum,
Siti Akhlis Muafin SE. Memberi pencerahan tentang pendidikan politik, keseluruhan tamu undangan Ormas yang hadir sosialisasi pendidikan politik dengan tema: peran Ormas dalam meningkatkan partisipasi pemilih pada pilkada 2024. Siti Akhlis Muafin menyatakan bahwa ormas berperan penting untuk menjaga, agar pilkada nanti, akan berjalan dengan damai, Khususnya masyarakat Kutai Timur ucapnya dengan nada suara yang lembut, fleksibel dan berkualitas tinggi.
Juga menghadirkan pembicara dari Bawaslu, yang diwakili asisten, Mayasari SH. Juga berpesan kepada seluruh tamu undangan Ormas, Dalam Meningkatkan partisipasi pemilih pada pilkada nanti bisa berjalan dengan damai.
Tutur nya,

Pembicara dari sekolah tinggi, juga dihadirkan dalam pertemuan sosialisasi ini, yang mewakili,
Ulfa Jamilah Farida.SH.SMI. mangatakan masyarakat merupakan unsur utama yang menentukan berhasil atau tidaknya suatu Pemerintah pada sistem Demokrasi. Masyarakat dapat berpartisipasi dalam pemilu dan penyusunan kebijakan sebagai wujud partisipasi politik dapat dijadikan sebagai salah satu parameter dalam penilaian tngkat Demokrasi di sebuah daerah. ” Semakin tinggi partisipasi politik dalam masyarakat dapat menunjukkan kondisi Demokrasi yang berkualitas jika partisipasi masyarakat rendah. Hal itu dapat menunjukkan apatisme dan ketidak percayaan masyarakat terhadap sistem pemerintahan. Maka mengajak kepada organisasi masyarakat agar berperan aktif dalam mensukseskan pilkada yang aman dan damai. Itu yang penting dalam sambutan hangatnya, yang membuat acara menyalah dan bersemangat melihat hal tersebut, undangan untuk Ormas pun bisa menjadi ceria, dan penuh semangat. Ormas berperan penting untuk menjaga pemilih pada Pilkada nanti, bisa berjalan dengan damai dan harmonis” tuturnya

( Inv. BW/nano )

By Man