Kediri Kota – Mediainfopol.com
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kediri mengadakan Kirab Maskot Pemilihan Kepala Daerah serentak Jawa timur tahun 2024, Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota, Sabtu (21/9/2024)

Diawali dari kantor Komisi Pemilihan Umum Kota Kediri jalan jaksa agung suprapto no. 32 Kec. Mojoroto Kota Kediri hingga titik kumpul di taman sekartaji. berbagai partisipasi dari masyarakat menampilkan macam macam kesenian dan budaya seperti, drum band, barongsai, jaranan serta flashmob jingle Pilkada oleh PPK dan PPS. Dengan adanya kirab maskot pilkada serentak masyarakat menyambut dengan senang hati serta meriah.


Ketua KPU Kota Kediri Reza Cristian, mengatakan bahwa tahapan pilkada serentak tahun 2024 sudah dimulai.

“Kirab ini merupakan agenda KPU Jatim, dengan harapan bisa mensosialisasi kepada masyarakat bahwa tahapan Pilkada serentak telah dimulai dan pentingnya partisipasi dalam proses demokrasi ini,”tegasnya.

Selain itu, kirab maskot pilkada kali ini juga upaya KPU untuk meningkatkan partisipasi pemilih dalam Pilkada serentak pada tgl 27 November 2024.

Lanjut Reza”, Maskot dari Pilgub Jatim Si Jali dengan tagline seneng bareng, sedangkan KPU Kota Kediri kita hadirkan maskot Pilkada Si Tatag dengan tagline tansah bungah.

“Parade ini merupakan salah satu bentuk komunikasi langsung antara KPU dengan masyarakat, tujuannya untuk mengajak mereka berperan aktif dalam proses mensukseskan Pilkada serentak pada tgl.27 November 2024 mendatang.


KPU mentargetkan partisipasi masyarakat di Pilkada serentak pilgub dan pilwali di Kota Kediri dalam menentukan masa depan daerah tersebut.

”Seperti yang sudah kami sampaikan sebelumnya, kami mentargetkan partisipasi masyarakat (Parmas) sebesar 80% untuk Pilkada di Kota Kediri,”tegasnya.

Kirap maskot kali ini dihadiri oleh Komisioner KPU Provinsi Jawa Timur, Eka Wisnu Wardhana. Ia menyampaikan bahwa, kirab ini bukan hanya sekadar simbol Pilkada, tetapi juga menjadi sarana untuk memadukan beraneka ragam budaya dari berbagai kabupaten dan kota di Jatim. Setelah kirab di tingkat KPU daerah, maskot Pilkada akan dibawa dan disosialisasikan ke setiap kecamatan yang ada di Kota Kediri, sebagai bagian dari upaya memperkuat pemahaman dan partisipasi masyarakat dalam Pilkada serentak 2024.

” Hari ini sabtu 21/09/2024 Kota Kediri menerima maskot dari Kabupaten Nganjuk yang sebelumnya telah menggelar kirab,” ucapnya.

Kirab maskot Si Jali dan Si Tatag yang digelar kali ini sebagai bagian dari rangkaian kegiatan sosialisasi Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jatim dan Pilwali Kota Kediri 2024.

Tidak hanya untuk memperkenalkan maskot Pilgub, tetapi juga sebagai strategi untuk meningkatkan partisipasi masyarakat (Parmas) dalam Pilkada serentak yang akan dilakukan pada 27 November 2024 mendatang.

“Kami berharap melalui kirab ini, partisipasi masyarakat dalam Pilgub Jatim dapat mencapai 83%, dan kalau bisa lebih tinggi lagi dari angka tersebut,”pungkasnya.
(Wahyu)

By wahyu