JOMBANG – Mediainfopol.com
Telah terbentuk Satu lagi organisasi kewartawanan di Kota Santri Jombang, Jatim, yaitu DPD Ikatan Wartawan Online Indonesia (IWOI)
Kabupaten Jombang, Jatim.
Minggu tgl 8/september/2024

Pembentukan kepengurusan DPD IWOI di Jombang ini untuk melengkapi sejumlah organisasi profesi wartawan yang sudah lebih dulu terbentuk di kota santri ini.

“Kita tahu dinamika profesi wartawan di Indonesia, terutama di Jombang ini tumbuh pesat. Apalagi kemajuan teknologi informasi dan digitalisasi yang tidak bisa lagi terbendung. Sehingga publik di hadapkan banyak pilihan untuk mendapatkan akses informasi yang valid dan terpercaya.
Misalnya di dunia maya atau medsos dan berita-berita online lainnya.

Karena itu, kehadiran wartawan online khususnya sangat dibutuhkan masyarakat untuk mendapatkan kemudahan informasi,” tutur Agus Pamuji yang dipercaya sebagai ketua terpilih DPD IWOI Kabupaten Jombang.

“Agus pamuji ketua terpilih didampingi Sekretaris DPD IWOI Kabupaten Jombang Ust Hadi Wong mengatakan, pembentukan pengurus baru ini merupakan persiapan tahap awal berdasarkan surat mandat dari DPP IWOI Pusat Jakarta yang sebelumnya sempat vakum. Setelah alat kelengkapan organisasi ini memenuhi syarat formal, seperti akta pendirian, AD/ART organisasi, surat ijin Kementerian Hukum, Politik dan Keamanan (Menkopolhukam) dan kantor sekretariat.

selanjutnya segera didaftarkan ke Kantor Kesbanglinmas Kabupaten Jombang sebagai bahan laporan resmi bahwa, di Kota Jombang terdapat wadah baru organiasai kewartawanan yang menaungi wartawan media online di wilayah hukum Kabupaten Jombang.

Disebutkannya, keanggotaan wartawan media online ini sifatnya umum, transparan, mandiri, independen dan akuntabel bagi kalangan yang berprofesi sebagai jurnalis murni. “Artinya rekan-rekan yang profesinya sebagai wartawan murni silakan bergabung di IWOI.

“Kita terbuka yang belum bergabung di organiasasi kewartawan Lainnya silakan gabung di IWOI. Tentunya dengan catatan wajib mengikuti aturan main organisasi dan etika profesi,” tandas Agus Pamuji mantan wartawan Balikpapan Pos ini.

Ustad Hadi Wong selaku seketaris menambahkan, persiapan yang saat ini tengah dilakukan adalah kelengkapan berkas administrasi, kantor sekretariatan, audensi dan deklarasi.

“Dalam kepengurusan Organisasi IWOI ini, selain pengurus harian juga terdapat sejumlah tokoh public figur yang sudah punya nama di kalangan masyarakat Jombang didapuk di jajaran Dewan Penasehat, Dewan Pembina dan Anggota Kehormatan.
Sementara itu, David Kusuma selaku pemegang SK Mandat pembentukan IWOI di Jombang mengatakan, pihaknya memberikan apresiasi yang tinggi atas terbentuknya DPD IWOI Kabupaten Jombang agar kedepan organisasi ini dapat bersinergi, bekerjasama, berkolaborasi yang positip terhadap organisasi-organisasi sejenis.

“Bahkan tak hanya itu saja, terhadap kalangan pejabat stakeholder dan elemen masyarakat lainnya diharapkan mampu bersinergi dalam rangka membangun Kota Santri Jombang agar lebih maju, adil, makmur dan sejahtera.

Rapat pembentukan pengurus baru DPD IWOI Kabupaten Jombang ini berlangsung sederhana di kediaman David Kusuma selaku pemegang surat mandat dari pusat.
(Whyu)

By wahyu