Musi Rawas// mediainfopol.Com/Polres Musi Rawas (Mura), menggelar Sosialisasi Penyuluhan Hukum dan Sosialisasi Penyuluhan Kesehatan dengan Tema “HIV Aids dan Penyakit Menular Seksual” kepada personel Polres Mura.

Kegiatan tersebut di pusatkan di Gedung Atmani Wedhana Polres Mura, Pusat Perkantoran Agropolitan Center Pemkab Mura, Desa Muara Beliti Baru, Kecamatan Muara Beliti, Kabupaten Mura, sekitar pukul 09.00 WIB, Rabu (7/8/2024).

Kegiatan sosialisasi dihadiri, Kapolres Mura, AKBP Andi Supriadi SH, SIK, MH, diwakili, Wakapolres, Kompol M Harsono SH, Kasi Dokkes, Zarmis Sumarni, Kasikum sekaligus Pemateri, AKP Harun, Pemateri, dr. H. Victor Andrianto, MM, beserta personel Polres Mura dan Polsek Jajaran.

Hal tersebut dibenarkan, Kapolres Mura, AKBP Andi Supriadi SH, SIK, MH, melalui Wakapolres, Kompol M Harsono SH, saat dikonfirmasi, Rabu (7/8/2024).

“Hari ini, Polres Mura, sengaja menggelar Sosialisasi Penyuluhan Hukum dan Sosialisasi Penyuluhan Kesehatan dengan Tema “HIV Aids dan Penyakit Menular Seksual” kepada personel Polres Mura,” kata Wakapolres

Wakapolres menjelaskan, kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan agar personel Polres Mura dan Polsek jajaran mentaati serta mematuhi aturan hukum yang berlaku serta menerapkannya kepada masyarakat.

“Selain itu, agar para personel Polres Mura dan Polsek jajaran, untuk lebih menjaga kesehatan terkhusus mengenai serta terhindar dari penyakit HIV Aids dan Penyakit Menular Seksual,” jelasnya

Lebih lanjut, Wakapolres berharap, kepada seluruh personel Polres Mura dan Polsek jajaran untuk memahami kegiatan sosialisasi materi yang disampaikan para narasumber.

“Yang pastinya, nantinya bisa diterapkan untuk diri personel pribadi hingga bisa disoalisasikan kepada masyarakat diwilayah hukum Polres Mura,” tuturnya

Sementara itu, Penanggung Jawab Dokkes Polres Mura sekaligus Pemateri, dr. H. Victor Andrianto, MM, mengatakan sengaja mengambil materi ini agar personel Polres Mura dan Polsek jajaran, memahami hal-hal yang terkait denganHIV Aids dan Penyakit Menular Seksual, memahami penyakit HIV Aids dan Penyakit Menular Seksual, memahami cara penularan HIV Aids dan Penyakit Menular Seksual serta cara pencegahan HIV Aids dan Penyakit Menular Seksual.

“Selain itu, gejala-gejalanya, diantaranya, demam tinggi, sering merasa lelah dan letih, timbul penyakit kelenjar getah bening, sakit tenggorokan dan sakit kepala, timbulnya benjolan-benjolan merah disekitar tubuh, diare berkepanjangan, penurunan berat badan secara drastis serta infeksi jamur pada kulit dan kerongkongan,” tuturnya H. Victor Andrianto, MM.

Senanda, Kasikum sekaligus Pemateri, AKP Harun mengatakan adapun materi yang disampaikan diantaranya, pertama tata cara pemberian bantuan hukum oleh Polri dan profesionalitas penyidikan guna antisifasi Praperadilan.

“Tentunya, diharapkan para peserta/personel mengetahui dan memahami terhadap materi-materi yang di sampaikan para pemateri dan kemudian dapat di aplikasikan di setiap pelaksanaan tugas kepolisian sehari hari,” tuturnya.(M.Harus ak)