Jember, Mediainfopol.com

Jamin proses pembelajaran kepada peserta didik di SMAN 1 Kencong berjalan dengan baik, pihak sekolah memberikan beberapa fasilitas dan kemudahan kepada Para Peserta Didik Baru (PPDB)tahun ajaran 2024-2025 Selasa 6/8/2024.

Menurut peryataan Kepala Sekolah SMKN 1 Kencong, M. Syaiful Bahri, untuk fasilitas yang diberikan kepada peserta didik di antaranya seragam, LKS dan uang gedung serta SPP. Namun demikian fasilitas yang diberikan tersebut adalah atas dasar kesepakatan oleh pihak komite sekolah dan wali murid.

“Di poin seragam misalnya, itu dilakukan karena banyak wali murid yang meminta kepada pihak sekolah untuk menyediakan seragam. Sehingga sekolah mengambil langkah untuk memudahkan kebutuhan wali murid, pihak sekolah menyediakan seragam,” jelasnya lewat pesan WhatsApp.

Kaitan dengan LKS sekolah menyediakan, karena kebutuhan belajar mengajar dari peserta didik di mana buku yang ada di perpustakaan sekolah tidak mencukupi, sehingga pihak sekolah mencukupi kebutuhan LKS bagi siswa terangnya.

Sedangkan berkaitan dengan seragam sekolah maupun LKS harganya sangat terjangkau, dan sekolah punya kebijakan bagi orang tua siswa yang tidak mampu pihak sekolah memberikan bantuan. Bantuan di PPDB 2024-2025 kali ini diberikan kepada 30 anak didik dengan masing-masing anak mendapat bantuan dua stel seragam, begitu juga dengan LKS mereka juga tidak dipungut biaya.

Masih Kepala Sekolah SMKN 1 Kencong, terkait dengan uang gedung dan SPP itu merupakan katagori sumbangan sukarela yang sebelumnya telah melalui proses musyawarah bersama antara wali murid dan komite sekolah, dan dalam pelaksanaan tidak ada unsur tekanan maupun paksaan dari pihak sekolah.

Semua itu dilakukan oleh pihak sekolah demi untuk menunjang kebutuhan sekolah dan bagi wali murid yang tidak mampu semuanya gratis.

Sehingga dengan demikian pada pelaksanaan PPDB di SMAN 1 Kencong pihak sekolah bersih dari praktek pungli dan juga tindakan korupsi.

(Syiahroni)