Musi Rawas// mediainfopol.Com/ Salah satu bentuk kinerja penunjang dalam memberikan pelayanan yang baik, ekstra, serta peningkatan disiplin personel sekaligus menjadi contoh masyarakat agar tidak terlibat dalam penyalagunaan narkotika.

Polres Musi Rawas (Mura), melaksanakan pemeriksaan sikap tampang dan disertai dengan pemeriksaan tes urine kepada ratusan personel Polres Mura, sekitar pukul 07.30 WIB, Rabu (31/7/2024).

Namun ada yang menjadi sorotan serta berbeda dari biasanya, untuk memastikan hasil dari tes urine tersebut benar-benar akurat, steril tanpa adanya rekayasa, bahkan bisa dikatakan baru pertama kali pelaksanaan tes urine dilaksanakan di toilet ruang kerja Kapolres Mura.

Kegiatan bentuk disiplin tersebut dipimpin serta disaksikan langsung oleh, Kapolres Mura, AKBP Andi Supriadi SH, SIK, MH, bersama Wakapolres, Kompol M Harsono SH, beserta para PJU Polres Mura.

Hal tersebut dibenarkan, Kapolres Mura, AKBP Andi Supriadi SH, SIK, MH, saat dimintai keterangan usai pelaksanaan pemeriksaan sikap tampang dan tes urine, sekitar pukul 10.00 WIB, Rabu (31/7/2024).

“Sengaja hari ini saya kumpulkan ratusan personel Polres Mura hingga personel polsek jajaran, untuk dilakukan pemeriksaan sikap tampang dan disertai dengan pemeriksaan tes urine,” kata Kapolres

Kapolres menjelaskan, tentunya hal ini dilakukan untuk penunjang dalam memberikan pelayanan yang baik, ekstra, serta peningkatan disiplin personel sekaligus menjadi contoh masyarakat agar tidak terlibat dalam penyalagunaan narkotika.

Selain itu juga berpesan kepada seluruh personel untuk mematahui aturan sekaligus perintah mulai dari aturan dan perintah kecil hingga aturan dan perintah lainnya.

“Apalagi, terkhusus para personel yang masih muda, kiranya untuk menjaga sikap, tampang, dan karakter, sebab kalian merupakan sebagai ujung tembak kedinasan, tentunya apabila baik dalam menjalankan tugas maka hasilnya akan baik,” jelas suami Ny Meita Andi ini.

Lebih lanjut, Kapolres menjelaskan, dalam pelaksanaan pemeriksaan sikap, tampang dan penampilan, memang masih ada personel yang melakukan pelanggaran seperti penampilan kurang rapi, maka dari diberikan sanksi berupa pemotongan rambut.

“Namun terkhusus untuk pelaksanaan pemeriksaan tes urine, sengaja saya lakukan di toilet ruang kerja saya, agar benar-benar akurat, steril tanpa adanya rekayasa dan hasilnyapun semua urine personel negatif,” ucap perwira yang perna menjabat Kapolres Muara Enim ini.

Kapolres menambahkan, sebenarnya kegiatan pemeriksaan, pengecekan kerapian, sikap dan tampang personel sangat penting bagi personel kepolisian. 

Karena sebagai aparat kepolisian harus rapi serta menjaga sikap dan bertutur kata yang baik, dikarenakan pelayan masyarakat artinya sebagai contoh terhadap masyarakat, sekaligus untuk menjaga nama baik institusi Polri.

“Maka dari itu kiranya, saya tekankan kepada seluruh personel, untuk tetap menjaga kerapian, sikap dan tampang. Saya tidak segan-segan melakukan tindakan ataupun sanksi serta teguran kepada personel yang tidak menerapkan hal tersebut, apalagi terlibat dengan narkoba,” tuturnya.

(M.Harus ak)