Lubuklinggau// mediainfopol. Com/ Penjabat (Pj) Wali Kota Lubuklinggau, H Trisko Defriyansa, menghadiri dan membuka acara Focus Group Discussion (FGD) bertema “Melalui FGD Kita Wujudkan Pemilukada 2024 yang Aman, Damai, dan Kondusif di Wilayah Kota Lubuklinggau.” Acara yang dilaksanakan oleh Polres Lubuklinggau ini bertempat di Subkoss Garuda.

Dalam sambutannya, H Trisko Defriyansa menegaskan bahwa Kota Lubuklinggau siap menghadapi Pilkada serentak 2024, baik untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, maupun Wali Kota dan Wakil Wali Kota periode 2025-2030. Menurutnya, atmosfer Pilkada di Lubuklinggau sangat positif dengan pendidikan politik yang baik.

“Kota Lubuklinggau sudah sangat siap untuk menghadapi Pilkada 2024. Pendidikan politik masyarakat kita sudah baik, dan atmosfernya sangat kondusif. Oleh karena itu, fungsi pemerintah, TNI/Polri, dan keamanan harus kita pahami bersama,” jelas H Trisko.

Ia juga memastikan bahwa anggaran untuk pelaksanaan Pilkada sudah ditransfer ke TNI, Polri, KPU, dan Bawaslu. “Alhamdulillah, dengan segala keterbatasan, kita telah mentransfer keuangan kepada KPU dan Bawaslu. Pembangunan juga terus berjalan, dan kerukunan ini harus tetap kita jaga selama Pilkada hingga terpilihnya wali kota baru nanti,” ungkapnya.

Pj Wali Kota juga mengimbau masyarakat yang memiliki hak pilih untuk menggunakan suaranya dengan bijak dan benar. “Mari kita manfaatkan hak pilih kita dengan bijak dan benar. Pilihan kita sangat menentukan masa depan Kota Lubuklinggau lima tahun ke depan,” ajaknya.

Kapolres Lubuklinggau, AKBP Boby Kusumawardhana, dalam sambutannya menegaskan bahwa Polri akan mengamankan proses Pilkada bersama seluruh elemen masyarakat, termasuk Pemkot Lubuklinggau, KPU, Bawaslu, OKP, dan Ormas lainnya. “Tentu kami tidak bisa bekerja sendiri, tapi harus bersama-sama dengan seluruh elemen masyarakat,” tandasnya.

AKBP Boby juga menekankan pentingnya menjaga kondusifitas dan mengajak masyarakat untuk tidak percaya pada berita bohong atau terprovokasi oleh ujaran kebencian. “Mari salurkan hak suara dengan baik, karena suara Anda sangat menentukan nasib Kota Lubuklinggau lima tahun ke depan. Hindari ujaran kebencian dan jangan mudah percaya berita bohong atau melakukan kampanye politik identitas yang bisa membuat perpecahan,” tegasnya.

Acara ini turut dihadiri oleh Kajari Lubuklinggau Anita Asterida, Ketua KPU Lubuklinggau Aspin Dodi, jajaran kepala OPD di lingkungan Pemkot Lubuklinggau, Ketua FKUB Ismurizal, perwakilan ketua Bawaslu, para pemangku adat Kota Lubuklinggau, para ketua RT, OKP, ORMAS, dan mahasiswa.

Diskusi ini menjadi momentum penting untuk menguatkan sinergi antara pemerintah, aparat keamanan, dan masyarakat dalam mewujudkan Pilkada yang aman, damai, dan kondusif di Kota Lubuklinggau. Dengan kesiapan yang matang dan partisipasi yang bijak dari seluruh pihak, diharapkan Pilkada 2024 dapat berjalan lancar dan menghasilkan pemimpin yang terbaik bagi Kota Lubuklinggau.

(M.Harus ak )