KEDIRI – Mediainfopol.com
Mewakili Kapolres Kediri AKBP Bimo Ariyanto, S.H., S.I.K., Kasat Binmas Polres Kediri AKP Barkah Ramsul, S.H. dampingi kunjungan tim Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Senin (29/7/2024).

Berlangsung di obyek wisata Sempu Exotic Park (SEP) di Desa Sempu, Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri, kunjungan ini dilaksanakan dalam rangka penjurian dan visitasi Menparekraf Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2024.

Kasat Binmas menjelaskan bahwa kunjungan ini memiliki pengaruh besar bagi desa-desa yang berhasil berpartisipasi dalam ADWI.

“ADWI adalah salah satu acuan bagi Kementerian untuk memberikan prioritas dana akselerasi kepada desa-desa,” ujarnya.

Pada kesempatan ini, Ia mengimbau masyarakat untuk selalu mendukung setiap program pemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan desa.

“Mari kita bersama-sama menjaga dan mengembangkan potensi wisata ini, karena manfaatnya akan dirasakan oleh seluruh masyarakat dan anak cucu Kita nanti,” kata AKP Barkah.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh sebanyak 150 orang dan diisi dengan berbagai agenda, termasuk paparan wisata SEP oleh pengelola setempat, sambutan Direktur Tata Kelola Destinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Florida Pardosi, peninjauan UMKM, hingga penanaman pohon.


Dalam sambutannya, Florida Pardosi menyatakan, “Kunjungan ini merupakan cara Kami mendukung pengembangan desa wisata di seluruh Indonesia. Melalui ADWI, Kami berharap dapat mendorong percepatan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat desa.”

Sejumlah perwakilan instansi di wilayah Kabupaten Kediri juga turut hadir dalam kegiatan ini, termasuk Disbudparpora, Dinas Perhubungan, Dinas Pertanian dan Perkebunan, Satpol PP, dan Kodim 0809/Kediri.

Selain itu, dari wilayah setempat hadir perwakilan dari Puskesmas, Koramil 0809/20, Polsek, Camat, Kepala Desa dan Kepala Sekolah se-Kecamatan Ngancar, Babinsa dan Babinkamtibmas Desa Sempu, dan masyarakat sekitar.
(Rls, hms/whyu)

By wahyu