Jateng Mediainfopol.com
Kegiatan sosialisasi ” Bahaya Narkoba dan Miras” yang diadakan pada hari kamis (6/6) 2024 Didesa Tengeng Kulon kecamatan Siwalan kabupaten Pekalongan berjalan lancar.

Kegiatan sosialisasi ini dihadiri Babinkamtibmas AIPTU Agus Susanto dan Kanit Binmas AIPDA Arif sebagai narasumber dari Polsek Sragi.Hadir juga Nara sumber dari Puskesmas Siwalan yang diwakilkan oleh Izatun Ida.

Sosialisasi kegiatan ini diikuti para pemuda serta remaja , Kepala desa Tengeng Kulon Rasijo,Sunandar ketua BPD,Ragil Utomo ketua Karang Taruna serta seluruh perangkat desa dan tak kecuali para tamu undangan.

Rsijo kepala desa Tengeng Kulon dalam sambutannya mengatakan ” Bahwa kegiatan ini atas dasar dari aspirasi masyarakat , ketika rapat Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa atau dikenal Musrenbangdes , sehingga terciptanya RKPdes atau Rancangan Kerja Pemerintah Desa,dan ditetapkannya Anggaran Pemerintah Desa ( APBDes) yang di flotkan ke bidang kesehatan melalui Dana Desa (DD) tahun 2024

Sarijo dalam sambutannya juga menambahkan ,” Dengan adanya kegiatan Sosialisasi bahayanya narkoba ,miras dan rokok ,agar pemuda dan remaja agar bisa memahami dampak negatif dan cara pencegahannya .ungkap Rasijo

Dalam sambutannya AIPTU Agus Susanto Babinkamtibmas Polsek Sragi, Memberikan tentang bahayanya mengkonsumsi narkoba serta miras dan menggolongkan jenis narkoba seperti, narkotika, Psikotropika dan bahan yang mengandung alkohol.

Dirinya juga memaparkan tentang undang-undang narkoba,serta pemahaman ketentuan hukum bagi orang yang mengkonsumsi narkoba.
Dirinya berharap ” Agar para pemuda dan remaja yang mengikuti acara ini,agar nantinya bisa mensosialisasikan bahaya dan dampak dari mengkonsumsi narkoba kepada temen,saudara, serta keluarga.ungkap Aiptu Agus.S

Izatun Ida perwakilan dari puskesmas Siwalan dalam pemaparannya mengatakan “Dampak dari mengonsumsi narkoba serta miras dalam dunia kesehatan .
Didunia kesehatan sendiri narkoba di kenal dengan istilah Nasa, Narkotika psikotropika dan Zat aditif lainnya.
Zat Aditif adalah zat yang bisa memengaruhi otak’ diluar narkotika dan psikotropika , seperti minuman beralkohol serta zat yang dihirup dan tembakau.

Narkoba juga mempunyai r efek stimulan, yang bisa merangsang semangat atau (fly) tapi sebenarnya itu palsu dan kalau sering kita memakai narkoba bisa kita kecanduan atau ketergantungan.
Harapan kita disini supaya adik – adik bisa mencegah sendiri didalam keluarga maupun pergaulan diluar sana.pungkas Izatun Ida

Ina