JEMBER, mediainfopol.com

HUT IGTKI Jember 2024 Persiapkan Generasi Indonesia Emas 2045, TK/ PAUD kian tumbuh Kembang dan terus maju.Mediainfopol.com
Jember.31/05/2024
Mediainfopol.com”Puncak HUT IGTKI ke 74/2024 di kabupaten Jember sungguh luar biasa yang di gelar di aula Dinas Pendidikan yang dihadiri langsung oleh Bunda Paud Kabupaten Jember, kepala Dispendik, Kabid Pendidikan TK/PAUD dan Pejabat Pendidikan TK/PAUD Pemprov Jatim. Beragam kegiatan di gelar dengan penuh kemeriahan yang di warnai dengan beragam karya karya hebat para guru TK/PAUD yang kaya terobosan dan penuh inovatif yang luar biasa,


Sekalipun puncak HUT IGTKI telah terselenggara dengan penuh riuh namun begitu berbagai lomba lomba inovatif baik di tingkat kabupaten maupun di tingkat kecamatan masih tetap berjalan. Itulah nilai nilai kesemangatan dari para guru sebagai ujung tombak didalam mencerdaskan anak bangsa menuju generasi Indonesia emas.

Usai memberikan kata sambutan ketua Bunda Paud Kabupaten Jember Kasih Fajarini kepada media Menara News Online mengatakan saat ini keberadaan guru TK/PAUF sudah maju untuk semuanya. Berangkat dari semangat para guru yang tiada henti melakukan berbagai inovasi didalam bidang pengajaran bisa dipastikan kabupaten Jember akan lebih siap mempersiapkan generasi Indonesia Emas 2045 mendatang. Pemkab Jember kian optimis guna menyongsong program generasi Indonesia emas yang bakal tiba itu. Tentu hal ini pemerintah kabupaten Jember melalui Dispendik Jember terus memberikan dukungan penuh agar keberadaan TK/PAUD di Jember kian tumbuh kembang dan terus maju, tandas Bu Rien Bunda Paud Jember.

“Mempersiapkan generasi Indonesia Emas diperlukan langkah bersama seluruh jajaran lintas dinas di lingkup pemkab Jember. Dengan demikian Jember nantinya akan banyak melahirkan putra putri terbaik yang memiliki banyak potensi dan prestasi sebagai sumber daya manusia yang memadai”, tandasnya.

Bahkan pemerintah daerah telah menginstruksikan bahwa di setiap Lembaga SD hendaknya juga di lengkapi keberadaan TK/PAUD yang menempel dengan harapan akan memberikan segala kemudahan akses pendidikan masyarakat di segala jenjang. Mengingat Jember sudah didapuk menjadi Kabupaten Layak Anak KLA tentu hak hak anak sudah mampu di penuhi oleh pemerintah daerah..

Hal yang sama juga disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Jember Hadi Mulyono bahwa secara umum Dispendik Jember sangat mengapresiasi HUT IGTKI ke 74 tahun ini beragam kegiatan inovatif. Ada beberapa esensi penting yang bisa dipetik diantaranya berorientasi kepada peningkatan kualitas pendidikan anak dan peningkatan guru Paud itu sendiri yang menjadi titik sasaran adalah anak, orang tua siswa serta guru, kata Hadi.

Yang menariknya di HUT IGTKI kali ini menurut Hadi Mulyono adalah diselenggarakan pula lomba geometri adalah lomba ketangkasan dan kecerdasan serta pola kerja sama yang harmonis antara anak ibu guna menyusun geometri tersebut. Hal ini adalah bagian dari implementasi program pusat pembelajaran anak dan keluarga yang berkarakter dan cerdas (puspagaberdaster).Bahkan juga diperkuat dengan lomba Alat Peraga Edukatif yang dilakukan oleh para guru guna mengasah kemampuan dan ketrampilan para guru tersebut yang perlu di support secara seksama agar mutu guru Jember kian meningkat.

Di bagian lain Ketu IGKTI Jember Endang Suprihatin SPd, MM mengatakan HUT IGTKI ke 74/2024 tahun ini sangat istimewa karena di hadiri langsung oleh Bunda Paud Kabupaten dan sejumlah OPD Pemkab Jember. Dimana IGTKI memiliki salah satu program yang disebut dengan program satuan pendidikan anak yang bisa di dukung oleh semua OPD dengan harapan peningkatan pendidikan anak usia dini, internet sehat dan puspaga.
“Puspaga itu sendiri merupakan wadah sharing antara orang tua, guru dan sekolah di dalam membicarakan point point penting untuk kemajuan pendidikan TK/PAUD. Selain itu juga meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan para guru TK/PAUD dengan diperbanyak lembaga TK Negeri”, pungkasnya

 

(syAhroni)