OKU// mediainfopol.com/ Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Selatan (Kapolda Sumsel) Irjen Pol .A. Rachmad Wibowo. S.I.K. menunjukkan komitmennya yang kuat terhadap penanganan bencana banjir yang melanda Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU). Dalam sebuah pernyataan resmi, Kapolda menyatakan bahwa pihaknya telah memerintahkan Kapolres OKU, AKBP Imam Zamroni, beserta jajaran anggotanya untuk turun langsung ke lokasi bencana guna memberikan bantuan serta melakukan upaya evakuasi bagi korban banjir.

Kami tidak tinggal diam melihat penderitaan masyarakat yang terdampak banjir di OKU. Saya telah memerintahkan Kapolres beserta tim untuk turun langsung ke lapangan, membantu masyarakat, dan mengkoordinasikan upaya evakuasi korban serta pendirian dapur umum,” ujar Kapolda.

Lebih lanjut, Kapolda juga mengungkapkan bahwa hari ini telah dilakukan pengiriman bantuan sembako dari Polda Sumsel untuk korban banjir di OKU. Bantuan tersebut terdiri dari 2 ton beras, 2 ton minyak goreng, 2 ton gula pasir, 36 dos kopi, 50 dos teh Pucuk, dan 150 kotak makanan tambahan dari Polri. Bantuan tersebut diharapkan dapat meringankan beban masyarakat yang terdampak banjir di wilayah tersebut.

Sementara itu, dampak dari hujan deras yang terus menerus mengguyur wilayah OKU tidak bisa diabaikan. Ribuan rumah warga dilaporkan terendam banjir, jembatan gantung di Karang Agung putus, dan lahan perkebunan serta pertanian terendam. Data yang tercatat menyebutkan bahwa ada 2 kecamatan dengan 16 kelurahan yang terdampak banjir, dengan luapan air sungai yang terus naik menjadi penyebab utama dari bencana ini.

Kapolda Sumsel menegaskan bahwa pihaknya akan terus melakukan upaya penanganan dan bantuan bagi masyarakat yang terkena dampak banjir di OKU. Kolaborasi antara kepolisian, pemerintah daerah, dan pihak terkait lainnya diharapkan dapat meminimalisir kerugian dan meringankan penderitaan yang dialami oleh masyarakat setempat.(M.Harus ak)