Lubuklinggau//media infopol.com/ Dalam peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tingkat Kota Lubuklinggau tahun 2024, Penjabat (Pj) Wali Kota, H Trisko Defriyansa, menekankan pentingnya transformasi dalam sistem pendidikan. Memimpin sebagai Inspektur Upacara (Irup) di Lapangan Perbakin Kayu Ara pada Kamis (02/05/24), Pj Wako membacakan sambutan dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI, Nadiem Anwar Makarim.

Dalam amanatnya, Pj Wako menyampaikan kompleksitas dalam mengubah sebuah sistem pendidikan yang besar dan menantang, serta tantangan yang dihadapi selama pandemi Covid-19. Meskipun demikian, ia juga melihat pandemi sebagai peluang untuk mempercepat perubahan.

Pandemi memberi kesempatan untuk mengakselerasi perubahan. Dengan bergotong royong, kita berjuang untuk pulih dan bangkit kembali menjadi jauh lebih kuat. Wajah baru pendidikan dan kebudayaan Indonesia sedang kita bangun bersama dengan gerakan Merdeka Belajar,” ujarnya.

Pj Wako juga menyoroti perubahan positif yang telah terjadi, seperti semangat anak-anak untuk bermimpi, keberanian guru untuk mencoba hal-hal baru, kesiapan mahasiswa untuk berkarya, dan dukungan terus-menerus bagi seniman dan pelaku budaya.

Meskipun sistem pendidikan telah mengalami kemajuan, Pj Wako menegaskan bahwa perjalanan belum selesai. Ia meminta semua upaya yang telah dilakukan untuk dilanjutkan sebagai bagian dari gerakan berkelanjutan menuju cita-cita sekolah yang lebih baik.

Dalam sambutannya, Pj Wako juga mengajak untuk memaknai pesan dari Ki Hajar Dewantara, bahwa menjadi teladan dan membangun cita-cita bangsa adalah kunci menuju Indonesia Emas tahun 2045.

Sekali lagi, dengan semangat Tut Wuri Handayani, Pj Wako mengajak semua pihak untuk terus mendukung kemajuan anak-anak didik dalam mencapai cita-cita mereka.

(M.Harus ak)