Banyuwangi mediainfopol.com

Sebuah pembangunan jembatan menuju pesantren Al Qodiri Desa Kembiritan kecamatan Genteng Banyuwangi terlihat sudah retak dan kondisi penahan tampak tidak terlihat ada galian. Kamis (18/04/2024).

Pembangunan Jembatan tersebut mengunakan APBD kabupaten Banyuwangi tahun 2023, yang mana pengerjaannya dibawah tanggung jawab Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya, Perumahan dan Permukiman (PUPR) dengan pelaksana kegiatan yaitu CV Satya Wijaya.

Diketahui melalui papan nama proyek, besaran anggaran dana untuk pembangunan jembatan yang telah terealisasi pada 17 Juli 2023 tersebut senilai Rp. 257.936.000,00 dengan Surat perintah Kerja (SPK) 602.1/4533.PPK-23.021/429.115/PK.BM/2023.

Namun sayangnya pembangunan jembatan yang telah terealisasi tersebut dikeluhkan oleh beberapa warga masyarakat salah satunya inisial AD yang tinggal di sekitar proyek,

Mereka mengeluh lantaran belum setahun kondisi jembatan sudah mulai retak. Bahkan menurut warga tersebut disinyalir tidak akan bertahan lama.

“Pengerjaan lupa sudah mas, tapi setahu saya jembatan ini belum setahun, bukan hanya retaknya mas, tapi posisi bangunannya gantung itu pasangan yang di bawah mas, kalau pembangunan seperti ini yang jelas tidak akan bertahan lama pasti ambrol, belum lagi nantinya tergerus banjir, sekarang saja sudah terlihat melengkung.” Ungkapnya

Sementara itu, melalui tim IWB, Ebta yang merupakan pihak Dinas PUPR kabupaten Banyuwangi menyampaikan akan di kroscek ke lapangan. “Kami Kroscek besok ke lapangan dulu.” kata Ebta

Mengetahui jawab Ebta, Ketua IWB menyinggung langsung terkait kebijakan kontrol dinas PU yang terkesan lamban.

“Masak iya, untuk mengetahui kualitas dan hasil pembangunan nunggu info dari kami, sementara waktu pengerjaan dan C100 diterima kemana kontrolnya pihak dinas terhadap pembangunan.” Singgungnya.

Masih Dengan Abi, “Jika seperti itu tehnisnya Dinas dalam kontrol hasil pekerjaan rekanan, lalu bagaimana pertanggung jawaban nya.” tegas Abi

Namun hingga pemberitaan ini di tayangkan, awak media masih berupaya mencari kontak pelaksana kegiatan yaitu CV bersangkutan untuk dikonfirmasi.

 

(siswanto)