Gresik, mediainfopol.com
Acara tahunan menjelang Hari Raya Idul Fitri Pemkab Gresik menggelar Kontes BANDENG Kawak 2024 di Wisata Heritage Bandar Grisse, Senin (8/4/2024).

Bupati H Fandi Akhmad Yani beserta Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah, hadir di Kontes Bandeng Kawak.

Tampak hadir pula Adhy Karyono, PJ Gubernur Jawa Timur Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Jawa Timur, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur, Kepala Biro Perekonomian Setdaprov Jawa Timur, Forkopimda Kabupaten Gresik, Kepala OPD Kabupaten Gresik, Kepala TP PKK Kabupaten Gresik, seluruh Camat se Kabupaten Gresik, Rektor Unesa, Pimpinan Perguruan Tinggi di Kabupaten Gresik, dan perwakilan perusahaan dan BUMD Kabupaten Gresik

Acara tersebut merupakan rangkaian dari Pasar Bandeng yang dilaksanakan sejak 6 April 2024.
Selain kontes bandeng puncak acara tersebut dilaksanakan juga makan gratis. Sehingga masyarakat sangat antusias menghadiri kontes tersebut.

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani menyampaikan acara ini tentunya akan membawa manfaat bagi UMKM karena banyak pelaku UMKM yang berjualan di area Kontes bandeng.
.
“Pasar Bandeng ini secara umum akan berdampak pada pelaku UMKM”

Lebih lanjut menurutnya bahwa pasar bandeng merupakan warisan budaya.
“ Pasar bandeng merupakan warisan non Benda yang sudah ada sejak Raden Sunan Giri”

PJ Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono, memberi apresiasi kepada Pemkab Gresik karena sampai saat ini bisa melestarikan produk unggulannya berupa ikan bandeng.

“Gresik memiliki event khas dan mendorong wisata dan perekonomian Gresik dan kontes bandeng kawak ini perlu dilestarikan dan dikembangkan”. ucapnya

Terpilih 3 juara dalam Kontes Bandeng Kawak . Juara I Bandeng dari Desa Pangkahwetan, Kecamatan Ujungpangkah dengan berat 13,1kg milik Syaifullah Mahdi Juara II Bandeng dari Desa Pangkah Wetan kecamatan Ujungpangkah dengan berat 11 kg milik Askin, Juara III Bandeng dari Desa Watuagung Kecamatan Bungah dengan berat 8 kg milik Zainal Abidin.

Hadiah yang diterima berupa uang tunai juara I Rp. 30 juta, juara II Rp. 25 juta, dan juara III (Red)

By Man