Malang//mediainfopol.com Antisipasi pengamanan menjelang arus mudik Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah/2024, Polres Malang telah memperkuat kesiagaan dengan mendirikan 11 pos pengamanan dan layanan. Langkah ini diambil untuk memastikan keamanan dan kelancaran mobilitas masyarakat di wilayah Kabupaten Malang.

Kasihumas Polres Malang, Ipda Dicka Ermantara, mengatakan Pos-pos tersebut didirikan tersebar strategis di tempat pusat mobilitas masyarakat serta titik rawan, termasuk pengamanan tempat ibadah dan tempat wisata. Pos pelayanan dan pos pengamanan tersebut diantaranya, Pos Pelayanan Karanglo Singosari, Pos Pengamanan (Pos Yan) Lawang, Pos Pam Kepuharjo Karangoloso, Pos Pam Tumpang, Pos Pam Pakis, Pos Pam Jalibar Kepanjen, Pos Pam Slorok Kromengan, Pos Pam Dampit, Pos Pam Bantur.

Selain itu juga terdapat Pos Pantau Karangkates, dan Pos Pantau Kendalpayak, dan Pos Pantau Kebonagung.

“Pos pengamanan ini dibentuk untuk mengamankan perjalanan masyarakat yang hendak merayakan Idul Fitri di kampung halaman,” ungkap Ipda Dicka, Jumat (5/4/2024).

Kasihumas menambahkan, selain didirikan pos pengamanan, Polres Malang juga menyiapkan mobil Pos Polisi Bergerak yang akan membantu pelayanan masyarakat dan mengatasi peningkatan volume kendaraan. Mobil ini dilengkapi dengan perangkat modern seperti komputer, alat bantu intervensi lalu lintas, monitor CCTV, serta peralatan pemberi isyarat lalu lintas.

“Dengan adanya mobil Pos Polisi Bergerak, kami dapat memberikan layanan yang dinamis dan cepat dalam mengatasi kemacetan serta memberikan informasi kepada masyarakat,” tambah Ipda Dicka.

Pihak kepolisian juga telah melakukan pemetaan dan pendataan daerah rawan kecelakaan, kemacetan, pelanggaran lalu lintas, serta bencana. Hal ini dilakukan untuk menempatkan personel kepolisian secara strategis guna memastikan keamanan dan ketertiban selama masa mudik Lebaran.

“Kami juga melakukan koordinasi dengan instansi terkait dan mengerahkan Bhabinkamtibmas pada setiap desa di seluruh Kabupaten Malang untuk meningkatkan pengamanan,” imbuhnya.

Upaya pengamanan ini juga melibatkan Polsek jajaran beserta elemen masyarakat dalam melakukan patroli rutin untuk mencegah kasus pencurian di rumah kosong yang ditinggalkan pemudik.

Dengan langkah-langkah preventif dan responsif yang telah disiapkan, diharapkan arus mudik Lebaran 2024 di wilayah Malang Raya dapat berjalan dengan aman, lancar, dan berkesan bagi seluruh masyarakat yang merayakannya. (Eddy//-hmsresma)

By Man