Banyuwangi mediainfopol.com

Penyaluran dan penggunaan dana desa tentunya harus mengikuti aturan yang berlaku di Permendes.

Aturan tersebut contoh untuk penggunaan dana desa harus beracuan terhadap UU permendes nomer 82 tahun 2022, yang berisi penjelasan tentang pengaturan penggunaan dana desa.

Dalam aturan tersebut juga menjelaskan didalamnya yang di peruntukan untuk ketahanan pangan 20% dari pagu anggaran yang di terima, sebagai mana di peruntukan untuk nabati dan hewani.

Sementara yang terjadi di desa Tamansari kecamatan Tegalsari anggaran dana desa tahun 2023 kuat dugaan awak media penyaluran tidak sesuai peraturan permendes, yang sudah tertuang untuk nabati dan hewani.

Pasalnya, dari nilai anggaran pagu yang diterima oleh desa tamansari senilai Rp. 1.371.658.000,00 tahun 2023, di relisasikan oleh pihak desa tamansari untuk ketahanan pangannya justru lebih dari 20% dimana seharusnya senilai 274.331.600 akan tetapi yang terealisasi sebesar Rp.319.604.000 untuk pembelian bibit pepaya.

Dari kelebihan anggaran tersebut sontak menjadi pertanyaan awak media yang saat itu tidak mendapatkan jawaban secara gamblang dari Khairul Anam Sekdes Tamansari, sabtu 30 Maret 2024

“Untuk ketahanan pangan sudah di realisasikan pembelian 3 ribu lebih bibit pepaya, kalau harga perbibitnya kami lupa, saudara Abi semua juga tau terkait bibit pepaya, dan lahan penanamnya,” ucapnya sekdes

Kadus juga menjelaskan, “kalau anggaran pangan tahun 2023 sudah di realisasikan untuk pembelian bibit pepaya, kalau rencana di tanam di tanah makam, untuk lebih jelasnya kami akan kordinasi dengan kades lama pak Cip kita juga lupa harga bibit pepaya tersebut.” terangnya Lasirin

Hingga pemberitaan ini tayang awak media belum dapat konfirmasi terhadap Sudar yang merupakan ketua BUMDES lama dan aktif ketika terjadi pembelian bibit pepaya dan mengelolanya pada tahun 2023. Bukan merupakan Bumdes baru.

Namun adanya dugaan tersebut inspektorat atau kejaksaan negeri Banyuwangi perlu melakukan audit guna mengetahui keterangan penggunaan anggaran di desa tamansari kecamatan Tegalsari.

(Tim Red)