BANJARMASIN MEDIAINFOPOL.COM

Dalam rangka memeriahkan HUT ke-22 Badan Narkotika Nasional (BNN) RI, BNN Kota Banjarmasin melaksanakan Jumat Bersih dari Narkoba (Bersinar) di halaman Kantor Kelurahan Sungai Andai, Jalan Padat Karya Komplek Purnama Banjarmasin, pada Jumat, 22 April 2024 pagi.

Kepala BNN Kota Banjarmasin, Kombes Pol Wuryantono S.I.K., M.H., menyatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menyambut hari ulang tahun ke-22 BNN RI.

“Pagi ini kami dari BNN Kota Banjarmasin melaksanakan kegiatan “Jumat Bersinar” ( Bersih dari Narkoba) bekerjasama dengan Lurah Sungai Andai untuk melakukan sosialisasi pencegahan narkotika di Kelurahan Sungai Andai. Kami juga meluncurkan program keterkaitannya dengan Mobil Bungas BNN Kota Banjarmasin,” katanya.

Menurutnya, Mobil Bungas Banjarmasin merupakan layanan terpadu keliling dari BNN Kota Banjarmasin, menyediakan layanan seperti pemberian SKHPN, rehabilitasi, informasi seputar P4GN, dan sosialisasi terkait bahayanya NARKOBA. Kami ingin menyampaikan kepada masyarakat bahwa layanan ini tidak hanya tersedia melalui mobil Bungas, tetapi juga secara online atau digital melalui layanan DILAN (Digital Melayani) BNN Kota Banjarmasin. Layanan tersebut mencakup pelayanan SKHPN, Nasionalisasi Narkoba (NASI), dan informasi PGN4 ” tambahnya.

Dia juga mengajak masyarakat Sungai Andai untuk memberikan informasi apabila menemukan pengedar atau pengguna melalui call center yang tersedia di Mobil Bungas BNN Kota Banjarmasin.

“Kegiatan Jumat Bersinar ini fokus pada pencegahan. Harapan kami adalah agar kegiatan ini tidak hanya dilaksanakan hari ini, tetapi Mobil Bungas BNN Kota Banjarmasin akan menyapa seluruh warga Kota Banjarmasin dengan layanannya. Kami akan mengunjungi 52 kelurahan di Kota Banjarmasin dan bekerjasama dengan lurah untuk menjangkau berbagai tempat termasuk universitas, sekolah, terminal, dan tempat umum lainnya,” jelasnya.

Kepala BNN Kota Banjarmasin, Kombes Pol Wuryantono, juga menegaskan kepada masyarakat Banjarmasin untuk menjauhi narkoba.

“Narkoba adalah musuh kita semua. Kita harus menjauhinya agar Indonesia terbebas dari bahaya narkoba,” tandasnya.

Sementara itu, Lurah Sungai Andai, Ahmad Dedi Fermadi, merasa senang karena wilayahnya menjadi yang pertama disinggahi oleh Mobil Bungas BNN.

“Alhamdulillah, kami bersama dengan BNN melaksanakan kegiatan kolaborasi antara BNN dan Pemerintah Kota Banjarmasin yang diwakili oleh Kelurahan Sungai Andai. Kelurahan kami ditetapkan sebagai kelurahan ‘Bersinar’, yang berfokus pada pencegahan narkoba. Setiap RT di kelurahan Sungai Andai akan kami bina dengan edukasi tentang bahaya narkoba dan kegiatan lainnya untuk memutus peredaran narkoba di wilayah kami,” ujarnya.

Menurutnya, sebagian besar dari 72 Rukun Tetangga (RT) dan 4 Rukun Warga (RW) yang ada di kelurahan Sungai Andai hadir dalam kegiatan ini.

“Tanggapan ketua RT cukup bagus terhadap kegiatan ini. Walaupun tingkat narkoba di wilayah kami masih rendah, tetapi kami tetap waspada agar generasi muda di Sungai Andai bisa terbebas dari narkoba,” Tambahnya.

(Herman Soetiady)