Jakarta//mediainfopol.com/ Penjabat (Pj) Wali Kota Lubuklinggau Sumatera Selatan ( Sumsel)
H Trisko Defriyansa, turut serta dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) yang diselenggarakan oleh Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, pada Kamis (14/3/2024). Rakornas ini mengusung tema ‘kolaborasi pemerintah daerah dan IKN untuk mewujudkan kota dunia untuk semua’.

Kepala OIKN, Bambang Susantono, mengungkapkan bahwa pertemuan antara Pemerintah Daerah dan Kementerian/Lembaga dalam Rakornas ini bertujuan untuk membangkitkan semangat OIKN dalam mewujudkan Nusantara sebagai tonggak Indonesia Emas. “Pembangunan IKN merupakan langkah strategis pemerintah untuk mendukung pembangunan ekonomi yang inklusif, dengan menyebar magnet pertumbuhan ekonomi baru di luar Pulau Jawa,” ujarnya.

OIKN akan segera menjalankan fungsinya sebagai Pemerintah Daerah Khusus di Nusantara, Kalimantan Timur, pada tahun ini. Bambang menekankan pentingnya kolaborasi antara OIKN dan pemerintah daerah untuk menciptakan solusi holistik dan berkelanjutan guna memastikan kelancaran penyelenggaraan pemerintahan daerah khusus IKN.

Dengan semangat kolaborasi, OIKN yakin dapat mengatasi berbagai tantangan dan mewujudkan visi besar IKN sebagai Kota Dunia untuk Semua. Perubahan dalam Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2023 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara menegaskan bahwa penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Khusus Ibu Kota Nusantara merupakan tahapan penting dalam pembangunan Ibu Kota Nusantara.

Perubahan tersebut bertujuan untuk memperkuat tata kelola Pemerintahan Daerah Khusus Ibu Kota Nusantara yang diselenggarakan oleh Otorita Ibu Kota Nusantara. IKN, yang akan menggantikan Jakarta sebagai Ibu Kota Negara, terletak di Provinsi Kalimantan Timur, dengan wilayah yang mencakup Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kabupaten Penajam Paser Utara.

Keterlibatan Pj Wali Kota Lubuklinggau dalam Rakornas OIKN menandai komitmen pemerintah daerah dalam mendukung transformasi Indonesia menuju kota dunia yang inklusif dan berkelanjutan. Kolaborasi antara OIKN dan pemerintah daerah menjadi kunci utama dalam mewujudkan visi besar tersebut.
(M.Harus ak)

By Man