Malang //mediainfopol.com
Kegiatan sosialisasi peningkatan kesadaran keluarga dalam peningkatan pendidikan ketrampilan untuk mewujudkan ,sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing,acara dilaksanakan untuk memberikan penyuluhan,pelatihan pembuatan batik Ecoprin,serta pendampingan dan praktek langsung kepada Ibu-Ibu PKK Se Kecamatan di pendopo Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang. (6/3/24)

Kegiatan ini dilakukan karena begitu banyak potensi tanaman di sekitar rumah warga yang mana bisa dimanfaatkan untuk bahan pembuatan batik ecoprint. Selain itu, banyak ibu-ibu PKK untuk bisa mengembangkan kreativitas dalam pelatihan pembuatan batik Ecoprint untuk mendorong ekonomi masyarakatnya punya daya saing, dalam memajukan Kecamatan Bantur.

“Sosialisasi pelatiahan pembuatan batik Ecoprint ,untuk meningkatkan ketrampilan mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas,kedepanya, pembuatan batik Ecoprint dijadikan dorongan untuk menambah ekonomi masyarakatnya,karena daerah kita ,adalah daerah yang dikelilingi pantai wisatanya,untuk menarik wisatawan domistik ataupun mancanegara.Apalagi kedepan pembangunan untuk pelebaran agar segera dilaksanakan,maka akan mempemperlancar jalur wisata dan jalur perekonomiannya”,pintanya camat Bantur

“Tujuan pelatihan pembuatan batik kontemporer ini adalah diharapkan warga kecamatan Bantur dapat menjadi pengrajin batik Ecoprint, sehingga dapat memanfaatkan potensi tanaman yang ada di lingkungan sekitar dan sekaligus dapat menambah penghasilan keluarga sehingga perekonomian warga menjadi meningkat.
Metode pelaksanaan dalam kegiatan pengabdian ini adalah berupa praktek atau demo langsung membuat batik ecoprint dilaksanakan di Desa Bantur.
 Tahapan kegiatan ini adalah Pelatihan pembuatan batik ecoprint yaitu dengan pemaparan materi kemudian praktek secara langsung pembuatan batik ecoprint. Hasil dari pelatihan ini, ibu-ibu menjadi terlatih dalam membuat batik ecoprint. Diharapkan memberikan wawasan dan ketrampilan kepada masyarakat dalam pembuatan batik dengan memanfaatkan dan mengkreasikan daun-daun sekitar tempat tinggal mereka. Selain itu diharapkan juga bisa mendorong perekonomian desa dengan menciptakan lapangan kerja baru melalui unit usaha kecil,”paparanya

Ditempat terpisah Reny Deni Kabag Kesosra ,sejalan dengan visi dan misi Kabupaten Malang “Malang Makmur” mempunyai tugas memberikan sosialisasi peningkatan kesadaran manusia untuk berdaya saing dalam mengembangan kreativitas daya usaha saing yang tinggi, pelatihan pembuatan batik Ecoprint dari daun daunan yang berada disekitar rumah bisa dimanfaatkan.Untuk mendorong ekonomi masyarakat, untuk berkembang memotivasi daya pikir masyarakat berekonomi mandiri dalam cipta usaha karya seni batik kontemporer,perkembangan batik Ecoprint selalu banyak diminati,karena Kabupaten Malang dipenuhi banyak daerah wisata,daya tarik wisatawan kedepan menjadikan magnit selaras dengan perkembangan batik Ecoprint bisa dijadikan kreativitas ekonomi mandiri,kreatif,inovatif,daya saing untuk mempopulerkan batik wisata dikembangan melalui daerahnya masing – masing,”pintanya.

Diharapkan dari unit usaha tersebut ecoprint dapat digemari dan dicintai masyarakat luas. Kegiatan pelatihan ini bisa dilanjutkan dengan mendirikan kelompok unit usaha yang bisa menyediakan lowongan kerja bagi masyarakat desa untuk membuat hasil karya yang bisa diterapkan dengan batik ecoprint,”pungkasnya.(eddy)

By Man