Musi Rawas//mediainfopol.com/
Hj Suwarti, memimpin Musyawarah Perencanaan Pembangunan (MUSRENBANG) Kecamatan Megang Sakti Kabupaten Musi Rawas Sumatera Selatan(Sumsel)
Tahun 2024. Acara ini, yang diselenggarakan di Kantor Camat Megang Sakti, bertujuan untuk menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2025.

Wabup Suwarti mengapresiasi kegiatan ini sebagai forum bagi masyarakat untuk memberikan gagasan dan usulan yang dapat berkontribusi pada kemajuan dan peningkatan kesejahteraan di Kecamatan Megang Sakti. Beliau menekankan agar kegiatan ini tidak hanya seremonial, tetapi juga diisi dengan substansi yang nyata dan terwujud.

“Saya menginginkan agar kegiatan Musrenbang ini, rencana program/prioritas desa yang telah diusulkan dapat menghasilkan kesepakatan-kesepakatan dalam menentukan program dan kegiatan prioritas pembangunan Kabupaten Musi Rawas 2025,” ungkap Wabup Suwarti.

Dalam kesempatan tersebut, Wabup Suwarti menyoroti beberapa isu strategis yang dianggap perlu menjadi prioritas dalam pembangunan Kabupaten Musi Rawas. Antara lain, percepatan penurunan stunting dan kemiskinan, serta penghapusan kemiskinan ekstrim. Peningkatan pertumbuhan perekonomian, infrastruktur ekonomi kerakyatan, sumber daya manusia, reformasi birokrasi, pengelolaan lingkungan, dan mitigasi serta penanganan bencana juga menjadi fokus perhatian.

Suwarti khususnya memperhatikan masalah stunting di Kabupaten Musi Rawas, terutama di Kecamatan Megang Sakti, yang menjadi prioritas untuk melakukan percepatan penurunan stunting. “Saya ingin di Kecamatan Megang Sakti tidak ada lagi kasus stunting, dan kedepannya, kami akan lebih kooperatif terhadap ibu hamil serta yang melahirkan agar bayi yang dilahirkan sehat dan terhindar dari stunting,” katanya.

Acara ini dihadiri oleh anggota DPRD Mura, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Musi Rawas, Camat, Kapolsek, Danramil, Kantor Urusan Agama (KUA), Badan Permusyawaratan Desa (BPD), tokoh adat, para kepala desa, dan perangkat kelurahan/desa se Kecamatan Megang Sakti. Ini menunjukkan komitmen yang kuat dari berbagai pihak dalam merumuskan langkah-langkah pembangunan yang berkelanjutan dan inklusif di wilayah tersebut.

Dengan demikian, MUSRENBANG Kecamatan Megang Sakti Tahun 2024 menjadi momentum penting bagi pemangku kepentingan untuk bekerja sama dalam menyusun strategi pembangunan yang berdaya guna dan berkelanjutan, menjaga keberlanjutan pertumbuhan ekonomi, serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat di Kabupaten Musi Rawas.
( M.haris ak)

By Man