Malang//mediainfopol.com Polres Malang terus mengintensifkan upaya pencegahan kasus bullying dan kenakalan remaja yang dilakukan oleh pelajar di sekolah. Langkah konkret dilakukan kepolisian dengan menyelenggarakan kegiatan sosialisasi di SMAN 1 Turen, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, Senin (29/1/2024).

Sosialisasi yang dihadiri ratusan siswa ini dipimpin oleh Kaurbinopsnal Satreskrim Polres Malang, Iptu Ahmad Taufik, yang juga menjadi inspektur upacara bendera pada acara tersebut. Iptu Ahmad Taufik menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari implementasi penguatan profil pelajar Pancasila di wilayah hukum Polres Malang.

Dalam amanatnya, Iptu Ahmad Taufik memberikan berbagai materi yang mencakup aspek-aspek kenakalan remaja, dasar hukum, bahaya dan dampak tawuran serta geng motor, penanganan bullying atau perundungan, bahaya penyalahgunaan narkotika, dan bijak bermedia sosial.

“Pemahaman ini penting untuk membentuk karakter siswa yang baik dan bertanggungjawab,” kata Iptu Ahmad Taufik saat di konfirmasi di Polres Malang, Senin (29/1).

Iptu Taufik menambahkan, kegiatan sosialisasi ini tidak hanya sebagai bentuk edukasi, tetapi juga sebagai ajakan kepada para siswa untuk menjauhi tindakan-tindakan yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain. Pihaknya mendorong para siswa agar berperan aktif dalam menjaga kondusifitas lingkungan sekolah.

Upaya pencegahan ini juga merupakan bentuk kepedulian Polres Malang terhadap generasi muda sebagai aset bangsa yang perlu dilindungi dari berbagai ancaman negatif.

“Jika para siswa mengetahui adanya tindak kejahatan atau situasi darurat lainnya, mereka dapat segera melapor ke polisi,” ungkapnya.

Dengan adanya upaya ini, diharapkan para pelajar dapat lebih menyadari dan menghindari perilaku negatif, serta menjadi agen perubahan positif dalam lingkungan sekolah dan masyarakat. Polres Malang berkomitmen untuk terus melakukan kegiatan serupa guna menciptakan lingkungan belajar yang aman, kondusif, dan mendukung pembentukan karakter yang baik pada generasi muda. Eddy//rlshmsresma)

By Man