KEDIRI KOTA – Mediaingopol.com

Kepala Kepolisian Resor Kediri Kota AKBP Teddy Chandra, S.I.K., M.Si. memimpin langsung Apel Kesiapan Personil dan Simulasi Pengamanan TPS, Sabtu (27/01/24).

Kegiatan diikuti oleh seluruh personil yang terlibat dalam pengamanan TPS baik dari Polres Kediri Kota maupun Polsek Jajaran.

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua KPU Kota Kediri Pusporini Endah Palupi berserta staf, Ketua Bawaslu Kota Kediri Yudhia Agung Nugraha, Dandim 0809 di wakli Pasi Ops Kodim 0809.

Tidak hanya pelaksanaan apel kesiapan personil, namun pada hari ini juga dilakukan “Simulasi Pengamanan TPS yang diperagakan langsung oleh Petugas dari KPU Kota Kediri, Bersama Personil Polres Kediri Kota yang terlibat Pam TPS dan Pemerintah Kota Kediri

Dalam arahannya, Kapolres Kediri Kota menyatakan bahwa kegiatan Apel ini sebagai upaya pengecekan kesiapan personil sekaligus teknis tahapan pengamanan yang perlu diketahui oleh seluruh personil yang terlibat dalam pengamanan TPS.

Memasuki tahapan kampanye rapat umum, mulai tanggal 20 Januari 2024 mendatang, Kapolres Kediri Kota mengingatkan seluruh personil untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap dinamika yang tentunya semakin meningkat. Puncaknya pada tahapan pemungutan suara dan penghitungan suara.

Melalui kegiatan Apel kesiapan ini pula diharapkan setiap personil yang terlibat mengetahui pola pengamanan dan cara bertindak pengamanan TPS yang telah ditetapkan.

Terdapat 1.669 jumlah TPS masuk kategori kurang rawan semua dengan melibatkan Personil Pam TPS 314 Pers, Padal 62 Pers, Jumlah 376 Pers.

Dalam pola pengamanan TPS, Mabes Polri sudah menetapkan pola untuk TPS yang kurang rawan dengan perbandingan 2 Polri : 12 TPS : 24 Linmas.

Agar kondusifitas kamtibmas tetap terjaga dan terpelihara, Polri dituntut untuk terus bekerja keras dan bersinergi dengan seluruh komponen masyarakat serta instansi terkait lainnya.

“Kami mengucapkan terima kasih setinggi-tingginya kepada seluruh panitia dan peserta yang telah terlibat. Kegiatan ini merupakan wujud upaya kita bersama dalam melaksanakan Pengamanan Pemilu serentak 2024 guna menciptakan Pemilu yang Aman, Lancar, Damai dan kondusif,” pungkas AKBP Teddy

Simulasi Pengamanan TPS yang memperlihatkan tahapan pemungutan suara dan tahapan penghitungan suara lengkap dengan skenario-skenario yang telah dipersiapkan guna memberikan gambaran teknis dan cara bertindak di lapangan yang tepat yang bisa dilakukan oleh pertugas pengamanan TPS dibantu dengan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Secara keseluruhan, simulasi pengamanan TPS merupakan langkah proaktif untuk memastikan pemilihan berlangsung dengan aman, lancar, dan damai terbebas dari potensi ancaman gangguan kamtibmas.

Sementara itu Ketua KPU Kota Kediri Pusporini Endah Palupi menyampikan terimakasih atas pegelaran simulasi Pengamanan TPS oleh Polres Kediri Kota

“Semoga sinergitas antara Polri dan KPU yang sudah berjalan baik ini berlanjut hingga tahapan pemilu berakhir” pungkasnya.
(Rls, why)

By wahyu