Banyuwangi Mediainfopol.com

Anggaran pemerintah tahun 2022 yang di khususkan untuk pembangunan infrastruktur plengsengan irigasi, yang tepatnya untuk pekerjaan rehabilitasi jaringan irigasi DI desa dasri kecamatan tegalsari kabupaten banyuwangi(ambrol).

peristiwa plengsengan ambrol Ini sudah bisa menjelaskan bahwa konstruksi plengsengan diduga tidak sesuai RAB dan spesifikasi. Kecuali ambrol karena faktor bencana, mungkin bisa ditolelir, lalu siapa yang bertanggung jawab, dan anggaran dari mana untuk memperbaikinya,?

Setiap pekerjaan pastinya sudah ada perencanaan untuk menghasilkan suatu pekerjaan yang bisa di trima penerima manfaat (warga masyarakat/petani), Mutu dan kwalitas pekerjaan.

Dari pantauan awak media di lapangan diketahui, ada 15 meteran plengsengan ambrol dan yang masih banyak keretakan di beberapa titik kesemuanya berlokasi dikawasan irigasi sungai di jl Tamansari dusun Krajan dasri Desa dasri kecamatan Tegalsari, yang di duga ada pengurangan campuran yang tidak sesuai spek dan pada ahkir nya terjadi peristiwa ( ambrol ) Sabtu 13/1/2024

Salah satu warga yang tidak mau di sebutkan nama, sampai berasumsi kepada awak media, ya begini lah proyek sekarang gak ada yang beres, baru setahun itu mas, sudah hancur contoh nya ini, ambrol diduga karena komposisi bahan semen pada konstruksi bangunan terbilang minim. Tidak hanya itu, semen yang digunakan juga disinyalir tidak memenuhi kualifikasi dan spesifikasi yang ditentukan.

Meskipun plengsengan ambrol nantinya sudah diperbaiki, namun hal itu belum menjamin bahwa konstruksi bangunan sudah sesuai spesifikasi. “Pertanyaannya, apakah kekuatan plengsengan yang tidak ambrol dipastikan lebih kuat?
Padahal bahan adonan perekat dibuat sama.

Benarkah ambrolnya sejumlah titik plengsengan proyek rehabilitasi jaringan irigasi DI desa dasri yang di duga dipicu minimnya bahan semen pada konstruksi? siapa yang bertanggung jawab, apa lagi pekerjaan yang menggunakan anggaran negara, yang wajib kita (masyarakat) pantau dan awasi.

Kami berharap dari temuan ini, pekerjaan proyek infrastruktur irigasi pelengsengan tersebut, pihak rekanan, konsultan harus bertanggung jawab dengan cara segera memanggil pihak kontraktor untuk memperbaikinya,

(sis kbiromip)